Find Us On Social Media :

Media China Sesumbar, Sebut Lhasa Sebagai Kapal Perusak Terkuat Kedua Setelah Zumwalt Milik Angkatan Laut AS, Ini Perbandingannya

Lhasa, dengan nomor lambung 102, digambarkan selama latihan Laut Kuning

GridHot.ID - Kapal perusak terbesar dan tercanggih milik China, Lhasa, mencuri perhatian publik.

Kapal perusak siluman Type 055 itu terlihat memimpin tiga korvet Type 065A dalam latihan militer di Laut Kuning.

Melansir Eurasian Times, penyiar negara CCTV melaporkan pada 15 Mei bahwa latihan militer itu termasuk latihan pertahanan udara, anti-kapal, dan anti-kapal selam.

Beberepa jenis kapal permukaan, kapal selam, pesawat peringatan dini, dan helikopter turut berpartisipasi dalam latihan militer tersebut.

Sebagai informasi, Lhasa dinyatakan siap tempur pada bulan Januari.

Lhasa merupakan kapal perang Type 055 kedua di Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLAN).

Dengan bobot 12.000 ton, media China menyebut Lhasa sebagai kapal perusak paling kuat kedua di dunia setelah USS Zumwalt (DGG-1000).

Zumwalt vs Lhasa

Zumwalt merupakan kapal perusak berteknologi paling canggih di dunia dengan bobot 15.000 ton.

Baca Juga: Perang Rusia Ukraina Belum Selesai Bikin Geger Dunia, China Malah Diam-diam Lepaskan Kapal Mata-mata yang Berlayar Sampai ke Australia, Awasi Pemilu Negeri Kanguru?

Zumwalt memiliki lambung dan suprastruktur 'Tumblehome' yang unik, di mana sisi-sisinya miring ke dalam serta bentuk sudutnya secara signifikan mengurangi penampang dan keluaran akustik yang dapat membuat kapal itu diam-diam seperti perahu nelayan dan lebih tenang daripada kapal selam kecil.

Sementara Lhasa, dalam hal siluman, memiliki dek tertutup, tiang utama, dan haluan dengan yang terakhir menyembunykan jangkar dan peralatan lainnya.