Find Us On Social Media :

Ada 4 Meteri Tes PPPK, Berikut Contoh Soal Kompetensi Teknis Guru PKn SMA, Semua Pilihan Ganda dan Dilengkapi Kunci Jawaban

Ilustrasi guru SMA mengajar di kelas

Gridhot.ID - Rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK 2022 akan segera dibuka.

Melansir Kompas.com, rekrutmen PPPK 2022 akan fokus pada 3 formasi, yakni tenaga pendidik, tenaga kesehatan dan penyuluh.

Sementara bidang lain tergantung kebutuhan.

Kemendikbudristek mengatakan, rekrutmen guru PPPK akan mengutamakan mereka yang telah lulus di tahun 2021.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek Iwan Syahril mengatakan, dari 925.637 pelamar pada seleksi guru PPPK tahun 2021, terdapat 193.954 orang guru yang telah lulus passing grade tetapi belum mendapat formasi.

"Rekrutmen guru PPPK tahun 2022 akan mengutamakan guru yang telah lulus passing grade di tahun 2021," kata Iwan, Selasa (12/4/2022).

Sebagai informasi, materi ujian PPPK terdiri dari 4 macam, yaitu seleksi kompetensi teknis, manajerial, sosial kultural dan wawancara.

Seleksi kompetensi teknis adalah tes untuk menguji pengetahuan, keterampilan, sikap dan perilaku pelamar sesuai dengan jabatan yang dilamar.

Artinya, masing-masing pelamar akan memperoleh soal kompetensi teknis yang berbeda-beda tergantung dari jabatan yang dilamar.

Baca Juga: Bank Soal PPPK, Berikut Contoh Kompetensi Teknis Guru Sosiologi SMA, Aturan Seleksi Beda dari Sebelumnya, Persiapkan Diri Secara Matang

Berikut adalah contoh soal kompetensi teknis Guru PKn SMA, seperti dilansir dari laman Belajarbro.id.

1. Cinta tanah air dan bangsa merupakan perwujudan upaya pembelaan negara. Salah satu upaya bela negara berdasarkan rasa cinta tanah air adalah...