Find Us On Social Media :

Renggut Nyawa Achmad Yurianto dan Banyak Artis, Kenali Gejala Awal Kanker Usus, Diare dan Bobot Menurun Drastis Bisa Jadi Tanda

Achmad Yurianto meninggal dunia karena menderita kanker usus

Gridhot.ID - Mantan juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto meninggal dunia pada Sabtu (21/5/2022).

Sebelum meninggal dunia, Achmad Yurianto sempat menjalani perawatan di rumah sakit karena menderita kanker usus.

Kanker usus merupakan jenis kanker yang biasanya berkembang dari usus besar, atau muara akhir saluran pencernaan.

Beberapa artis senior bahkan meninggal karena penyakit ganas ini, seperti Henky Solaiman, Titi Qadarsih, Zainal Abidin 'Domba', dan lainnya.

Dilansir Kompas.com dari laman Kemenkes, kanker usus adalah penyakit yang menyerang jaringan usus besar (kolon), dan rektum (bagian usus paling bawah sampai anus atau dubur).

Berdasarkan data Global Cancer Observatory (Globocan) tahun 2018, kanker usus diperkirakan merupakan kanker keempat terbanyak di dunia.

Sementara di Indonesia, kanker ini menempati urutan kedua sebagai kanker yang paling banyak diidap pria dengan jumlah kasus sebanyak 30.017 di tahun 2018.

Penyebab kanker usus

Penyebab kanker usus seperti yang dialami Achmad Yurianto, saat ini tidak diketahui secara pasti.

Baca Juga: Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rojiun, Meninggal Karena Kanker Usus, Ini Profil Achmad Yurianto, Jubir Pertama Satgas Covid-19 yang Awali Karier Jadi Dokter Militer

Tumor ganas atau kanker usus dapat terjadi ketika DNA di dalam sel usus mengalami mutasi.

Kondisi tersebut akhirnya membuat pertumbuhan dan pembelahan sel tidak terkendali.