Find Us On Social Media :

Tinggalkan Markas Bergerak ke Papua, Inilah Profil Yonif Raider 321 Kostrad, Lakukan Tradisi Cium Bendera Perang Sebelum Terjun ke Wilayah Rawan KKB

Prajurit Yonif Raider 321 Kostrad cium bendera perang

Gridhot.ID - Sebanyak 450 prajurit Yonif Raider 321 Kostrad telah berangkat ke wilayah rawan KKB Papua, yakni Kabupaten Nduga.

Melansir laman tni.mil.id, Panglima Divisi Infanteri (Pangdivif) 1 Kostrad Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun menjadi Inspektur pada upacara pemberangkatan Satgas Yonif Raider 321 Kostrad yang akan melaksanakan tugas operasi sebagai Satgas Organik di wilayah Papua, Senin (6/6/2022).

Upacara pemberangkatan bertempat di Dermaga Markas Komando Komando Lintas Laut Militer (Makolinlamil), Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Dalam amanatnya, Mayjen Bobby menyampaikan bahwa tugas operasi Satgas Satuan Organik yang akan diemban oleh Yonif Raider 321 Kostrad merupakan suatu kehormatan dan kepercayaan yang diberikan oleh Negara.

Oleh karena itu, prajurit Yonif Raider 321 Kostrad harus senantiasa menjunjung tinggi sikap disiplin, loyalitas serta profesionalisme keprajuritan.

Sebelumnya, prajurit Yonif Raider 321 Kostrad juga melaksanakan tradisi penciuman bendera perang untuk mengawali penugasan sebagai Satgas Organik di wilayah Nduga, Papua bertempat di markas Yonif Raider 321 Kostrad, Majalengka, Jawa Barat, Sabtu (4/6/2022).

Acara tradisi berlangsung khidmat, diawali penciuman bendera perang oleh Komandan Batalyon Infanteri 321 Kostrad Mayor Inf Ricky J Wuwung selaku Dansatgas kemudian diikuti oleh seluruh Personel Satgas.

Penciuman bendera perang ini merupakan wujud kebanggaan terhadap satuan yang didasari dengan hati yang bersih dan jiwa yang tulus serta kesiapan lahir dan batin bagi seluruh prajurit untuk menjalankan tugas yang dipercayakan Negara.

Sebelum mengakhiri acara tradisi penciuman bendera perang, Komandan Batalyon Raider 321 Kostrad berpesan kepada seluruh prajurit agar senantiasa melestarikan tradisi satuan agar tercipta kebanggaan sehingga mendorong setiap prajurit untuk berbuat yang terbaik.

Baca Juga: Gantikan Yonif 315/Garuda di Bumi Cendrawasih, 200 Pasukan Yonif 405/SK Jadi Pelindung Freeport Indonesia, KKB Papua Tak Akan Berkutik Jika Serang PTFI

Mengutip Surya.co.id, Batalyon Infanteri Raider 321/Galuh Taruna (atau Yonif Raider 321/Galuh Taruna) adalah Batalyon infanteri yang berkualifikasi Raider.

Dan berada di bawah kendali komando Brigade Infanteri 13/Galuh, Divisi Infanteri 1/Kostrad.