Find Us On Social Media :

Pilot Pesawat Tempur China Lakukan 'Permainan Mematikan' yang Mengancam Sekutu AS di Indo-Pasifik, Ahli Takut Kejadian 2001 Berulang

Ilustrasi pilot pesawat tempur China

GridHot.ID - Pilot pesawat tempur China memainkan permainan mematikan yang mengancam sekutu Amerika Serikat (AS) di Indo-Pasifik.

Beberapa hari lalu, pesawat tempur China dilaporkan secara teratur 'mendengungkan' pesawat pengintai Kanada yang sedang memantau Korea Utara.

Hal tersebut memaksa kru pesawat pengintai Kanada mengubah arah dengan cepat untuk menghindari tabrakan.

Kemudian, sebuah pesawat tempur China menembakkan sekam logam melintasi jalur pesawat pengintai Australia, sebuah manuver yang dianggap Australia 'sangat berbahaya'.

Dilansir dari Eurasian Times, menanggapi manuver tersebut, pejabat China mengatakan bahwa pilot mereka telah bertindak dengan benar untuk membela kedaulatan negara.

Pejabat China itu juga memuji keputusan pilot karena mengambil tindakan yang cepat, rasional, tegas, dan profesional.

Namun, bagi AS dan sekutunya, tindakan China semcam itu bisa menjadi pemicu konfrontasi yang lebih luas serta mengancam keamanan regional.

Tindakan China dinilai dapat mengakibatkan tabrakan atau kecelakaan udara.

Rupa-rupanya, ahli mengatakan hal semacam itu pernah terjadi sebelumnya.

Baca Juga: Serukan Ultimatum, China: Jika Ada yang Berani Renggut Taiwan, Tentara Pembebasan Rakyat Tak Ragu Memulai Perang!

Di atas Laut China Selatan pada tahun 2001, sebuah jet tempur China betrok dengan pesawat pengintai Angkatan Laut AS, EP-3E Aries II.

EP-3E Aries II kemudian terpaksa melakukan pendaratan darurat di Pulau Hainan.