Find Us On Social Media :

Kibarkan Bendera Bintang Fajar di Bandara Kenyam, KKB Papua Koar-koar Tebar Ancaman Jika Hal Ini Tetap Dilakukan, 'Kami Akan Bakar dan Tembak Pesawat'

Pesawat SAM Air ditembaki KKB Papua

GridHot.ID - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menujukkan aksi brutalnya dengan menembaki pesawat milik Sam Air.

Dilansir dari Antara News, KKB menembaki pesawat milik SAM Air yang mendarat di Bandara Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua pada Selasa (7/6/2022).

"Memang benar ada pendembakan terhadap pesawat SAM Air sekitar pukul 10.15 WIT," kata Kapolres Nduga, AKBP Komang, Selasa.

Mengutip Tribun-Papua.com, juru bicara OPM Sebby Sambom buka suara terkait penembakan itu.

Sebby Sambom mengatakan penembakan pesawat SAM Air dilakukan oleh Panglima KKB wilayah Ndugama-Derakma, Egianus Kogoya.

Selepas menembak pesawat, Egianus Kogoya mengibarkan bendera bintang kejora di bandara.

"Egianus Kogoya mengatakan mereka telah kibarkan bendera bintang fajar di lapangan terbang Kenyam dan juga mereka berhasil tembak pesawat sipil," ujar Sebby, dalam rilis pers kepada Tribun-Papua.com, Rabu (8/6/2022).

Sabby kemudian mengungkap alasan di balik aksi penembakan itu.

"Alasan kami tembak pesawat sipil karena selama ini kami sudah memperingatkan pesawat penumpang komersial jangan angkut anggota TNI Polri, dan semua perlengkapan mereka melalui pesawat sipil," kata Sebby, menirukan laporan Egianus.

Baca Juga: Tega Cabut Nyawa Warga Sipil Sebagai Peringatan, KKB Papua Larang 5 Pekerjaan Ini Cari Duit di Pegunungan Wilayahnya, Singgung Intel TNI Polri dan Peperangan

"Kami menolak pemekaran provinsi, kabupaten, distrik, desa dan apa pun itu produk Jakarta di atas tanah Papua dan lebih khusus diatas tanah Ndugama."

Egianus, sambung Sebby, melarang keras adanya pembangunan di wilayah Kabupaten Nduga.