Find Us On Social Media :

KKB Papua Bergerilya ke Freeport, Kapolda Yakin Insiden Tahun 2017 Tak Akan Terulang, Intip Strategi Spesial Satgas Damai Cartenz untuk Sikat Para Kriminal

KKB Papua

Gridhot.ID - Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB Papua kembali membuat ulah.

Dikutip Gridhot dari Tribun Papua sebelumnya, KKB Papua diduga membunuh Bripda Diego Rumaropen dalam serangan di Distrik Napua, Jayawijaya.

Hasil penyelidikan menyebut KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya lah yang menjadi dalang kejadian tragis tersebut.

Bagai belum puas, kini KKB kembali melakukan gerakan.

Dikutip Gridhot dari Tribun Palu, KKB Papua dikabarkan tengah bergerak menuju kawasan PT Freeport Indonesia di Kabupaten Mimika, Papua.

Kapolda Papua, Irjen Mathius D Fakhiri pun telah menyiapkan strategi untuk menghadapi pergerakan KKB Papua tersebut.

Irjen Mathius D Fakhiri mengatakan, petugas gabungan akan dikerahkan untuk mencegah aksi teror KKB Papua.

Ia menyebut, Satgas Damai Cartenz dan Polres Mimika bakal melakukan penyekatan di sejumlah titik untuk mencegah pergerakan KKB.

"Kita di Timika kan sudah ada kekuatan yang cukup ya, nantinya informasi dari Satgas Damai Cartenz dan Polres Mimika kita akan melakukan penyekatan di sejumlah titik untuk mencegah hal tersebut," ujar Fakhiri di Jayawijaya, Papua, Rabu (22/6/2022).

Baca Juga: 'Harusnya Diselesaiin' Perseteruan Istri dan Anak Sule Makin Panas, Putri Delina Nekat Sindir Nathalie Holscher Begini, Netizen: Miris!

Fakhiri menambahkan, jumlah personel gabungan di Mimika dinilai cukup meredam aksi KKB. Kapolda pun yakin KKB sulit memasuki kawasan PT Freeport seperti yang pernah terjadi pada 2017.

Menurut Fakhiri, aktivitas di kawasan Freeport sudah normal. Ia tak ingin aktivitas di kawasan tambangitu terganggu akibat ulah KKB.