Find Us On Social Media :

Keasyikan Gempur Ukraina, Rusia Akhirnya Gagal Bayar Utang Luar Negeri untuk Pertama Kalinya Sejak Tahun 1917, Ini Akibatnya untuk Putin

Pemimpin Rusia Vladimir Putin

Gridhot.ID - Rusia masih terus asyik menggempur Ukraina.

Dikutip Gridhot dari Kompas.com, Vladimir Putin tak sedikitpun mengendorkan serangannya ke Ukraina.

Padahal berbagai sanksi internasional sudah disematkan ke negara tersebut, namun Putin seakan masih ngotot untuk bisa menginvasi Ukraina sepenuhnya.

Di tengah invasinya ke Ukraina, Rusia mengalami default utang luar negeri, yang artinya Rusia gagal membayar utang luar negeri.

Dikutip Gridhot dari Tribun Solo, ini adalah pertama kalinya Rusia mengalami default utang sejak Revolusi Bolshevik lebih dari seabad yang lalu yakni di tahun 1917.

Lantas apa dampaknya bagi Rusia?

Situasi ini semakin mengasingkan Rusia dari sistem keuangan global menyusul sanksi yang dijatuhkan atas perangnya di Ukraina.

Dilansir Tribunnews.com dari CBC.CA, masa tenggang 30 hari untuk pembayaran bunga yang seharusnya jatuh tempo pada 27 Mei berakhir pada Minggu (26/6/2022).

Tetapi, Rusia mungkin perlu waktu untuk mengonfirmasi default utang.

Baca Juga: Bikin Panik Seantero Negeri, Kabar Marshanda Hilang di Amerika Dibantah Keluarga, Adik Kandung Ungkap Fakta Ini Hingga Ben Kasyafani Akui Ada yang Beda dari Mantan Istri

"Sepertinya bank telah mematuhi sanksi internasional dan telah menahan pembayaran," kata Chris Weafer, analis ekonomi veteran Rusia di perusahaan konsultan Macro-Advisory.

Bulan Mei lalu, Departemen Keuangan Amerika Serikat (AS) mengakhiri kemampuan Rusia untuk membayar miliaran utangnya kembali kepada investor internasional melalui bank-bank Amerika.