Find Us On Social Media :

HAL TEDBF, Pesawat Tempur yang Diproyeksikan Beroperasi di Kapal Induk Masa Depan Milik Angkatan Laut India

Pesawat tempur lain yang mungkin akan beroperasi di kapal induk India masa depan HAL Twin Engine Deck Based Fighter (TEDBF)

GridHot.ID - Kapal induk terbaru India, INS Vikrant, dikabarkan akan segera dioperasikan.

Kapal induk tersebut awalnya akan dilengkapi dengan pesawat tempur MIG-29K Fulcrum.

Namun, ada informasi yang menyebutkan bahwa Angkatan Laut India sedang mengevaluasi pesawat tempur Rafale-M dan F-18 Super Hornet untuk beroperasi dari INS Vikrant.

Dilansir dari Eurasian Times, kandidat pesawat tempur lain yang mungkin akan beroperasi di kapal induk India masa depan adalah HAL Twin Engine Deck Based Fighter (TEDBF).

Pesawat tempur TEDBF masih dalam tahap penelitian dan pengembangan di bawah Kementerian Pertahanan, Badan Pengembangan Penerbangan (ADA).

TEDBF dapat dilihat sebagai penerus varian Angkatan Laut dari jet Tejas asli. Tejas adalah pesawat tempur ringan dengan mesin tunggal.

Dengan roda pendarat yang ditingkatkan, TEDBF dirancang khusus untuk Angkatan Laut India.

Ia juga memiliki sayap yang dapat dilipat dan dimodifikasi untuk peluncuran ketapel.

Bersama dengan pesawat tempur MRCA lainnya, kemungkinan Rafale-M, TEDBF akan digunakan sebagai pesawat tempur utama di INS Vikrant dan INS Vishal. INS Vishal adalah kapal induk ketiga yang direncanakan India.

Baca Juga: J-15T, Pesawat dengan Ketapel yang Bakal Jadi Andalan Armada Penerbangan Tempur Angkatan Laut China, Begini Spesifikasinya

Lebih penting lagi, tidak seperti pendahulunya, Tejas Mk2, TEDBF tidak akan menjadi usang karena penggunaan kompositnya yang tinggi sekitar 90%, harga yang lebih rendah, dan keandalan yang lebih tinggi.

Jet tempur TEDBF diproyeksikan akan menggantikan pesawat tempur MiG-29K Angkatan Laut India.