Find Us On Social Media :

Rudal Taktis Korut Makin Menggila, AS Kerahkan 6 Unit Pesawat Tempur Siluman F-35A ke Korea Selatan, Begini Kata Kementerian Pertahanan

Pesawat tempur F-35

GridHot.ID - Enam unit pesawat tempur siluman F-35A milik Amerika Serikat (AS) telah tiba di Korea Selatan (Korsel) pada 5 Juli 2022, di tengah ancaman rudal taktis Korea Utara (Korut).

Keenam F-35A itu akan berada di Korea Selatan selama 10 hari

Melansir Eurasian Times, Kementerian Pertahanan Korea Selatan mengungkap tujuan dari pengerahan F-35A tersebut.

"Tujuan dari pengerahan ini adalah untuk menunjukkan pencegah yang kuat dan postur pertahanan bersama dari aliansi AS-ROK," ujar Kementerian itu.

"Sementara pada saat yang sama meningkatkan interoperabilitas antara ROK dan Angkatan Udara AS," lanjutnya.

Melansir Channel New Asia, keenam F-35A akan dikerahkan dari Pangkalan Angkatan Udara Eielson di Alaska, kata Pasukan Gabungan AS-Korea (USFK) dalam sebuah pernyataan.

Seorang juru bicara USFK mengatakan informasi mengenai pengerahan F-35 Ake Korea Selatan merupakan pengumuman publik pertama sejak Desember 2017.

Tetapi juru bicara USFK itu enggan merinci apakah ada pengerahan mendadak.

Untuk diketahui, Korea Selatan  telah membeli 40 F-35A sendiri dari Amerika Serikat, dan sedang berusaha untuk membeli 20 unit lagi.

Baca Juga: J-15T, Pesawat dengan Ketapel yang Bakal Jadi Andalan Armada Penerbangan Tempur Angkatan Laut China, Begini Spesifikasinya

"F-35A angkatan udara Korea Selatan akan menjadi salah satu pesawat yang berpartisipasi dalam latihan bersama," kata USFK.

Korut menilai latihan gabungan AS-Korsel serta pembelian senjata dari Washington sebagai contoh "kebijakan bermusuhan."