Find Us On Social Media :

Yunani Diam-diam Kerahkan Teknologi Drone Dome Israel untuk 'Membutakan' UAV Turki, Begini Kecanggihannya

Drone Dome (foto) digunakan oleh Angkatan Darat Inggris

GridHot.ID - Yunani tengah menghadapi tantangan keamanan yang ditimbulkan oleh drone Turki.

Terkait hal itu, melansir Eurasian Times, surat kabar Kathimerini melaporkan bahwa Yunani secara diam-diam mengerahkan teknologi pertahanan anti-drone Israel untuk mempertahankan pulau-pulau Aegea.

"Sebuah payung yang benar-benar melawan kendaraan udara tak berawak musuh sedang didirikan di pulau-pulau dan lokasi-lokasi kritis di seluruh negeri," tulis Vassilis Nedos, Koresponden Pertahanan Diplomatik untuk Kathimerini pada 1 Juli.

"Menurut laporan, dikatakan rencana itu telah dilaksanakan selama dua bulan terakhir dengan kerahasian penuh," lanjut Nedos.

Sistem pertahanan baru menggunakan teknologi Israel akan menghambat kemampuan penerbangan kendaraan udara tak berawak (UAV) musuh, yang dapat melibatkan gangguan dalam rencana penerbangan yang disimpan drone.

"Tujuannya adalah 'membutakan' drone yang mengancam, sehingga mereka tidak dapat menyelesaikan misi mereka," tulis Nedos.

Menurut Nedos, sistem ini dapat secara efektif melawan drone buatan Turki yang terkenal seperti Bayraktar TB2 dan bahkan yang lebih canggih seperti ANKA-S.

Lebih lanjut, Nedos mencatat bahwa sistem anti-UAV baru memiliki fitur yang mirip dengan sistem Drone Dome Israel.

Tetapi disesuaikan untuk memenuhi persyaratan khusus Yunani dan medan geografis pulau-pulau di Laut Aegea dan daerah perbatasan lainnya.

Baca Juga: Rudal Taktis Korut Makin Menggila, AS Kerahkan 6 Unit Pesawat Tempur Siluman F-35A ke Korea Selatan, Begini Kata Kementerian Pertahanan

Drone Dome Israel

Drone Dome adalah sistem udara tak berawak counter-to-end (U-UAS) yang dikembangkan Rafael Advanced Defense Systems Israel.