Find Us On Social Media :

Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rojiun, Sakit di Atas Pesawat yang Dikemudikannya Sendiri, Pilot Citilink Meninggal Usai Mendarat Darurat, Ini Sosoknya yang Banyak Dicintai

Pilot Citilink Kapten Boy Awalia meninggal dunia setelah mendarat darurat di Bandara Internasional Juanda, Surabaya, Kamis (21/7/2022) pagi

Gridhot.ID - Pilot Citilink Kapten Boy Awalia meninggal dunia setelah mendarat darurat di Bandara Internasional Juanda, Surabaya, Kamis (21/7/2022) pagi.

Kapten Boy Awalia mulanya menerbangkan pesawat dengan nomor penerbangan QG307 rute Surabaya-Makassar.

Dikarenakan pilot mengalami darurat kesehatan, pesawat Citilink yang tengah dikendalikan oleh Kapten Boy Awalia melakukan pendaratan darurat di Bandara Juanda.

Insiden itu terjadi setelah pesawat yang dikendalikan Kapten Boy Awalia lepas landas sekitar 45 menit.

Untungnya, pendaratan darurat berlangsung mulus dan semua penumpang serta awak kabin selamat.

Kapten Boy Awalia yang sempat mengalami keadaan darurat kesehatan kemudian dibawa ke RS Mitra Keluarga Waru.

Namun, Kapten Boy Awalia dinyatakan meninggal dunia di tengah tugasnya.

"Turut berduka cita atas berpulangnya Capt. Boy Awalia. Semoga selalu dimuliakan di sisi-Nya. Keluarga dan juga kolega beliau di @Citilink semoga diberikan ketabahan luar biasa. Beliau wafat di Mitra Keluarga Waru, Sidoarjo, setelah incapacitated dalam tugas penerbangan QG307," tulis unggahan Twitter @indoflyer.

Humas PT Angkasapura I Bandara Internasional Juanda Surabaya, Yuristo Ardi Hanggoro, membenarkan peristiwa tersebut.

Baca Juga: Mahir Terbangkan Pesawat Tempur F-16, Prajurit TNI AU Ini Mendadak Kagok saat Disuruh Menyopiri Mobil: Belum Bisa Tapi Disuruh Komandan

Menurut dia, pesawat take off pada pukul 06.10 WIB dan mendarat kembali pada pukul 06.56 WIB atau setelah terbang 46 menit.

"Kami mendapat report ada permintaan emergency landing dari Citilink QG307 Surabaya-Makasar karena pilot incapacity (sakit di atas pesawat)," katanya dikonfirmasi Kompas.com, Kamis (21/7/2022) siang.