Find Us On Social Media :

Nancy Pelosi ke Taiwan Bikin Situasi AS dan China Memanas, Tiongkok Umumkan Latihan Militer, Kapal Induk Amerika Siaga di Lokasi Ini

Kapal Induk USS Ronald Reagan milik Amerika Serikat (AS)

GridHot.ID - Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi mendarat di Taiwan pada Selasa (2/8/2022) malam.

Dilansir dari npr.org, kunjungan kontroversial Nancy Pelosi ke Taiwan itu telah memperbesar ketegangan antara AS dan China.

Beberapa menit setelah Nancy Pelosi mendarat, Komando Teater Timur China mengumumkan latihan militer tembakan langsung akan dimulai pada Selasa di enam zona yang mengelilingi Taiwan.

Ada juga tanda-tanda China sedang bersiap untuk meningkatkan tekanan ekonomi di Taiwan, yang mengekspor sebagian besar barang pertanian dan komponen elektronik—termasuk semikonduktor canggih—ke China.

Sehari sebelum Pelosi tiba di Taiwan, China menangguhkan lebih dari 100 kategori produk makanan Taiwan untuk diimpor.

Melansir Kontan.co.id, di sisi lain, empat kapal perang AS, termasuk sebuah kapal induk, telah mengambil posisi di perairan timur Taiwan di tengah kemarahan China atas kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi.

Kapal induk USS Ronald Reagan telah transit di Laut China Selatan dan saat ini berada di Laut Filipina, sebelah timur Taiwan, menurut seorang pejabat Angkatan Laut AS kepada Reuters, Selasa (2/8).

USS Ronald Reagan yang berbasis di Jepang berlayar bersama kapal penjelajah peluru kendali USS Antietam dan kapal perusak USS Higgins.

"Meskipun mereka mampu menanggapi segala kemungkinan, ini adalah normal, pelayaran rutin," kata pejabat itu yang berbicara dengan syarat anonim.

Baca Juga: Pesawat Intai P-8 Poseidon AS yang Mematikan Diterjunkan Amerika, Begini Kesiapan Latma Super Garuda Shield 2022, Wakasad Juga Turun Langsung Cek Prajuritnya

Pejabat itu, yang tidak mau berkomentar tentang lokasi pasti kapal induk USS Ronald Reagan, mengungkapkan, kapal serbu amfibi USS Tripoli juga berada di daerah itu.

Sementara sejumlah pesawat tempur China terbang dekat dengan garis tengah yang membagi Selat Taiwan pada Selasa, sebuah sumber mengatakan kepada Reuters.