Find Us On Social Media :

China Akan Lakukan Serangkaian Tindakan Militer untuk 'Sambut' Kedatangan Nancy Pelosy ke Taiwan: Termasuk Penambakan Langsung Jarak Jauh

Ilustrasi latihan militer China

GridHot.ID - Kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan tampaknya membuat China naik pitam.

Nancy Pelosi diketahui mendarat di Taiwan pada Selasa (2/8/2022) malam.

Nancy Pelosi merupakan pejabat AS berpangkat tinggi yang datang mengunjungi Taiwan sejak Ketua Newt Gingrich pada tahun 1997.

Menanggapi kedatangan Nancy Pelosi ke Taiwan, sebagaimana dilansur dari The Straits Times via Kontan.co.id, China mengumumkan akan melakukan tindakan militer yang ditargetkan.

"Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) dalam siaga tinggi dan akan meluncurkan serangkaian operasi militer yang ditargetkan untuk melawan ini..." kata juru bicara militer Wu Qian mengatakan dalam sebuah pernyataan.

"... dengan tegas mempertahankan kedaulatan nasional dan integritas teritorial, dan dengan tegas menggagalkan campur tangan eksternal dan upaya separatis 'kemerdekaan Taiwan'," lanjutnya.

Komando Teater Timur PLA mengatakan latihan militer termasuk "penembakan langsung jarak jauh di Selat Taiwan" yang direncanakan mulai pada Selasa malam.

Kantor Berita Xinhua melaporkan secara terpisah bahwa China akan mengadakan latihan militer dari 4 hingga 7 Agustus di enam wilayah di sekitar Taiwan.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis tak lama setelah pendaratannya, Pelosi mengatakan kunjungan itu menghormati komitmen teguh Amerika Serikat untuk mendukung demokrasi Taiwan.

Baca Juga: Polwan Cantik AKP Rita Yuliana Sempat Trending di Google Usai Kematian Brigadir J, Ternyata Pernah Mengikuti Pendidikan di China, Ini Profil Lengkapnya

"Sama sekali tidak bertentangan dengan kebijakan lama AS," ucap Pelosi.

China, yang menganggap Taiwan sebagai provinsi pemberontak yang akan direbut kembali secara paksa jika perlu, memandang kunjungan Pelosi sebagai sinyal yang menggembirakan bagi kubu pro-kemerdekaan di pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu.