Find Us On Social Media :

Super Garuda Shield 2022 Digadang-gadang Jadi Tonggak Kemitraan Militer AS dan Indonesia, Komandan Jenderal Angkatan Darat AS untuk Pasifik: Kita Jadi Lebih Kuat

Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan militer Amerika Serikat akan menggelar Super Garuda Shield 2022.

Laporan Wartawan GridHot, Desy Kurniasari

GridHot.ID - Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa membuka secara resmi Latihan Bersama (Latma) Super Garuda Shield Tahun 2022 di Puslatpur Kodiklatad Martapura Sumatera Selatan pada Rabu (3/8/2022).

Melansir laman tni-au.mil.id, latihan SGS 2022 dilaksanakan dari tanggal 1-14 Agustus 2022 di tiga lokasi berbeda, yaitu Pusat Latihan Tempur Baturaja, Pusat Latihan Tempur Marinir Dabo Singkep, dan Pusat Latihan Tempur di Amborawang.

Pada latihan tersebut terdapat 13 negara yang terlibat yaitu Amerika Serikat, Australia, Jepang, Malaysia, Singapura, Papua Nugini,Korea Selatan, India, Timor Leste, Kanada, Prancis, dan Inggris.

SGS 2022 adalah pengembangan dari latihan bersama tahunan antara TNI dan Komando Indo-Pasifik AS (Indopacom) yang dirancang untuk memperkuat interoperabilitas, kemampuan, rasa saling percaya, dan kerja sama antarpersonel negara peserta dalam suatu operasi.

Sementara itu, dilansir GridHot dari laman is.usembassy.gov, di bawah naungan bendera 14 negara, latihan tahunan Garuda Shield ke-16, yang menjadi tonggak kemitraan militer antara Amerika Serikat dan Indonesia, secara resmi dibuka pada 3 Agustus 2022.

“Super Garuda Shield” tahun ini, yang merupakan pengembangan dari latihan bilateral antara TNI Angkatan Darat (AD) dan Angkatan Darat Amerika Serikat(U.S. Army), adalah salah satu latihan multinasional gabungan terbesar di kawasan Indo-Pasifik.

Super Garuda Shield 2022 yang kuat dan beragam menampilkan beberapa aktivitas “perdana”, seperti penerjunan udara trilateral yang melibatkan Amerika Serikat, Indonesia, dan Jepang, yang diadakan pagi ini.

Kegiatan perencanaan, operasi, pertukaran, dan aktivitas latihan multinasional ini meningkatkan kapabilitas pertahanan militer negara-negara peserta dan bekerja sama untuk menjaga Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

“Ketika kita besama seperti ini, kita menjadi lebih kuat,” kata Jenderal Charles Flynn, Komandan Jenderal Angkatan Darat AS untuk Pasifik.

Baca Juga: China Tak Muncul di Ajang Super Garuda Shield 2022 yang Diselenggarakan Indonesia, Panglima TNI Jendral Andika Perkasa: Kalau Nggak Ada Ya Kita Gak Bisa Maksa, Kan Bayar Sendiri-sendiri

“Bersama sebagai sebuah kekuatan multinasional, Garuda Shield merupakan perwujudan sangat penting kerja sama, interoperabilitas, dan persatuan kita sebagai kelompok negara yang ingin menciptakan wilayah Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka, serta menjaga tatanan berdasarkan aturan.”