Find Us On Social Media :

'Alam Dapat Melawan', Bobroknya Pangkalan Militer Tiongkok di Laut China Selatan yang Telah Dibangun Selama Bertahun-tahun Terungkap, Begini Kata Analis

Beijing telah membuka pangkalan militer besar di sebuah pulau benteng yang menjadi sengketa di wilayah strategis seiring meningkatnya konflik di Laut China Selatan.

GridHot.ID - Selama bertahun-tahun, China telah membangun pangkalan militer di pulau-pulau di wilayah Laut China Selatan.

China membangun pangkalan militernya di lokasi yang menguntungkan di wilayah itu.

Dilansir dari Express.co.uk (23/8/2022), pembangunan pangkalan militer terus dilakukan oleh China meskipun negara-negara Asia lainnya marah besar dengan hal tersebut.

Akan tetapi, Naval and Merchant Ships mengakui pada tahun 2020 bahwa pangkalan militer di wilayah Laut China Selatan memiliki kelemahan.

Untuk diketahui, Naval and Merchant Ships adalah sebuah majalah yang berbasis di Beijing yang diterbitkan oleh China State Shipbuilding Corporation, yang memasok militer China.

Dalam laporannya, dikatakan bahwa "Pulau-pulau dan terumbu karang di Laut China Selatan memiliki keunggulan unik dalam menjaga kedaulatan nasional dan mempertahankan kehadiran militer di laut terbuka, tetapi mereka memiliki kelemahan alami berkaitan dengan pertahanan militer mereka sendiri."

Ia juga menambahkan bahwa pangkalan tersebut akan memiliki kemampuan anti-serangan yang "sangat terbatas".

Laporan itu melanjutkan, "Tempat perlindungan pulau kekurangan vegetasi, batu alam dan tanah dan penutup lainnya, dan ketinggiannya rendah, sementara permukaan air tanahnya tinggi.

"Personel dan sumber daya tidak dapat disimpan di bawah tanah untuk waktu yang lama."

Malcolm Davis, seorang analis senior dalam strategi dan kemampuan pertahanan di Institut Kebijakan Strategis Australia, juga mengatakan kepada CNN pada saat itu bahwa alam juga dapat melawan China karena ia meningkatkan perkembangan militernya di wilayah yang disengketakan.

"Kondisi lingkungan yang keras di Laut China Selatan - korosi air asin, cuaca buruk - membuat hampir tidak mungkin untuk menyebarkan apa pun di pulau-pulau dengan cara yang memungkinkan mereka untuk mempertahankan pangkalan ini," ujarnya pada saat itu.

Baca Juga: Yang Dikasih Polisi iPhone 13 Pro Max Gray, 2 Telepon Genggam Brigadir J Dipertanyakan Komisionar Komnas HAM: HP Yosua Tidak Model Begini, Itu Samsung Terus HP China