Find Us On Social Media :

Jamaika Hingga Australia Ngebet Pengen Referendum Agar Lepas dari Pengaruh Negeri Ratu Elizabeth II, Papua Nugini Justru Bangga Umumkan Charles III Sebagai Rajanya: Kita Berkumpul di Sini untuk Mengakui

Keluarga Kerajaan Inggris saat masih ada Ratu Elizabeth II

Gridhot.ID - Ratu Elizabeth II telah meninggal dunia.

Dikutip Gridhot dari Kompas.com, Ratu Elizabeth II meninggal dunia di Kastil Balmora di Skotlandia pada Kamis, 8 September 2022.

Elizabeth tiada usai berkuasa selama 70 tahun lamanya memimpin Inggris.

Kesehatannya memang sudah menurun sejak lama yang diduga berhubungan dengan punggung dan lututnya.

Dikutip Gridhot dari Tribun Solo, pada Selasa waktu setempat, para pemimpin Papua Nugini mengadakan upacara untuk menghormati mendiang Ratu Elizabeth II.

Dalam acara upacara tersebut, Papua Nugini juga menyatakan bahwa Raja Charles III sebagai kepala negara baru.

Diberitakan ABC News, Selasa (13/9/2022), Gubernur Jenderal Bob Dadae dan Perdana Menteri (PM) James Marape bergabung dengan para pejabat tinggi dalam upacara di luar parlemen di ibu kota , Port Moresby.

Papua Nugini merupakan salah satu dari lima negara di Asia dan Pasifik dimana raja Inggris adalah kepala negara.

Mereka juga termasuk Australia, Selandia Baru, Kepulauan Solomon dan Tuvalu.

"Sebagai refleksi dari kehidupan yang dijalaninya, pelaksanaan tugas yang patut dicontoh sebagai kepala negara Papua Nugini, dalam hubungan inilah kita semua berkumpul di sini pagi ini untuk mengakui kepergiannya (Ratu Elizabeth II), untuk mengakui dan menyaksikan keĥnaikannya. Takhhta Raja Charles III," kata Marape.

Marape dan para pemimpin lainnya bertemu Charles pada Jumat lalu yang bertepatan dengan peringatan hari kemerdekaan ke-47 Papua Nugini.

Gejolak Referendum