Find Us On Social Media :

Ratusan Prajurit dan 3 Kapal Perang TNI AL Siagakan, Begini Jadinya Jika Kunjungan Presiden ke Pulau Bawean Diserang Demonstran, Pangkoarmada II Jamin VVIP Aman

Koarmada II menggelar Latihan Kesiapsiagaan Operasi Pengamanan VVIP RI 1 Tahun 2022

Gridhot.ID - TNI AL dalam hal ini Komando Armada (Koarmada) II menggelar Latihan Kesiapsiagaan Operasi Pengamanan VVIP RI 1 Tahun 2022, Rabu (15/9/2022). 

Mengutip dari laman koarmada2.tnial.mil.id, latihan pengamanan VVIP RI 1 bertempat di Ksatrian Markas Komando Armada II Ujung Surabaya.

Adapun latihan digelar dalam upaya meningkatkan profesionalisme dan kesiapsiagaan personel dalam kegiatan Pengamanan VVIP RI 1.

Latihan pengamanan VVIP RI 1 ini melibatkan sejumlah alutsista KRI dan Kapal Angkatan Laut (KAL) TNI AL serta ratusan prajurit.

Disimulasikan bahwa Presiden akan melaksanakan kunjungan kerja ke Pulau Bawean dari dermaga Madura dengan menggunakan KRI DPN-365 dan KAL Katon, KAL Warakas sebagai unsur pengamanan.

Dalam perjalanan ke Koarmada II tepatnya di bundaran patung Gajahmada terdapat pengunjuk rasa yang menyampaikan aspirasinya kepada Presiden.

Aksi demo itu pun berakhir ricuh, sehingga pasukan huru hara harus mengamankan beberapa orang yang dicurigai sebagai provokatornya.

Ditempat terpisah, Pangkoarmada II Laksda TNI TSNB Hutabarat menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kesiapsiagaan Koarmada II dalam rangka pengamanan VVIP RI 1.

"Agar operasi pengamanan VVIP dapat dilaksanakan secara terencana ataupun insidental, diperlukan kemampuan dan keterampilan dari setiap prajurit serta kesiapan alutsista jajaran Koarmada II untuk dapat melaksanakan pengamanan VVIP dengan baik sesuai prosedur dan mekanisme yang berlaku," ucap Pangkoarmada II.

Pelaksanaan latihan dibagi menjadi 3 tahap yaitu tahap pertama pembekalan, tahap kedua driil teknis dan taktis serta tahap ketiga manuvra lapangan dengan melaksanakan skenario secara utuh.

Baca Juga: Jenderal Kopassus Resmi Jabat Pangdam XVII/Cenderawasih, Inilah Sepak Terjang Mayjen TNI M Saleh Mustafa, Sosoknya Pernah Tumpas Teroris Poso

(*)