Find Us On Social Media :

Tangan Korban Terikat di Punggung, Ukraina Temukan Tanda Penyiksaan Jasad di Kuburan Masal Izium, Volodymyr Zelensky: Kami Minta Rusia Tanggung Jawab!

Pejabat Ukraina mengaku menemukan tanda-tanda penyiksaan pada beberapa jasad yang ada di kuburan massal di luar Kota Izium.

Laporan Wartawan Gridhot.ID - Akhsan Erido Elezhar

Gridhot.ID - Pejabat Ukraina mengaku menemukan tanda-tanda penyiksaan pada beberapa jasad yang ada di kuburan massal di luar Kota Izium.

Dilansir Gridhot.ID dari artikel terbitan Tribunnews, 17 September 2022, Kota Izium di Provinsi Kharkiv sebelumnya berhasil direbut kembali oleh pasukan Ukraina setelah sempat dikuasai oleh pasukan Rusia.

Diberitakan sebelumnya, ada lebih dari 440 mayat yang ditemukan di kuburan massal di Izium pasca mundurnya pasukan Rusia.

Gubernur Kharkiv, Oleg Synegubov mengatakan beberapa jasad itu dalam kondisi tangan terikat di belakang punggung.

"Kami berada di lokasi pemakaman massal orang, warga sipil yang dimakamkan di sini, dan sekarang, menurut informasi kami, mereka semua memiliki tanda-tanda kematian yang kejam," kata Synegubov di lokasi tersebut, lapor The Guardian.

"Ada mayat dengan tangan terikat di belakang (punggung mereka). Setiap fakta akan diselidiki dan akan dievaluasi dengan benar dan sah," imbuhnya.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky menuduh Rusia dalang di balik penemuan kuburan massal tersebut.

Dalam pidatonya pada Kamis (15/9/2022) malam waktu setempat, Zelensky meminta pertanggungjawaban Rusia atas perang.

"Rusia meninggalkan kematian di mana-mana dan harus bertanggung jawab untuk itu," kata dia.

Baca Juga: Arti Kedutan di Telapak Tangan Kiri Menurut Primbon Jawa Dipercaya Pertanda Akan Bertemu Jodoh, Bisa Jadi Orang Terdekat!

Ia menyamakan temuan ini dengan pembunuhan massal terhadap warga sipil di Kota Bucha, luar ibu kota Kyiv dan di Mariupol.