Find Us On Social Media :

Ratu Elizabeth II Pakai di Mahkota, Berlian Great Star Kebanggaan Kerajaan Inggris Ditagih 6 Ribu Rakyat Afrika Selatan untuk Dikembalikan, Benarkah Hasil Curian?

Polemik berlian di mahkota Ratu Elizabeth II

Gridhot.ID - Usai kematian Ratu Elizabeth II pada 8 September 2022, sebuah berlian yang dikenal dengan sebutan Great Star of Africa atau Cullinan I memicu perdebatan besar antara Afrika Selatan dengan kerajaan Inggris.

Berlian terbesar di dunia dengan bobot sekitar 3.106 karat itu awalnya dibeli oleh pemerintah Transvaal Afrika Selatan pada 1907, karena pada saat itu Afrika Selatan berada di bawah kekuasaan Inggris.

Sebagai bentuk penghormatan pemerintah Afrika kepada Raja Inggris saat itu yaitu Raja Edward VII, berlian tersebut lantas diberikan sebagai bentuk hadiah kepada otoritas Inggris, seperti dikutip Tribunnews.com dari CNN International, Minggu (18/9/2022).

Seiring berjalannya waktu, bongkahan berlian itu dipotong menjadi 9 bagian, potongan berlian berwarna merah muda yang paling besar disematkan pada ujung tongkat kerajaan milik Ratu Elizabeth II, sementara potongan Cullinan II lainnya diletakan di mahkota yang kerap dipakai para pemimpin Kerajaan Inggris.

"Berlian Cullinan diberikan kepada Raja Edward VII (raja Inggris saat itu) pada tahun 1907, dua tahun setelah penemuannya di tambang pribadi di Afrika Selatan. provinsi Transvaal lama," jelas Royal Collection Trust, yang mengawasi koleksi kerajaan keluarga kerajaan Inggris.

Namun tak lama usai Ratu Elizabeth II mangkat, lebih dari 6.000 orang di Afrika Selatan menandatangani petisi yang meminta agar kerajaan Inggris mengembalikan Great Star sehingga berlian langka tersebut dapat dipajang di museum Afrika Selatan.

Meski pemilik Great Star of Africa dan batu permata lainnya yang ditambang dari negara itu hingga kini masih menjadi perdebatan, akan tetapi rakyat Afrika Selatan menilai bahwa berlian itu sebenarnya milik warisan leluhur mereka.

Alasan tersebut yang membuat ribuan orang Afrika Selatan memandang akuisisi permata berlian oleh Inggris ini tidak sah.

"Berlian Cullinan I harus dikembalikan ke Afrika Selatan dengan segera," kata aktivis asal Afrika Selatan, Thanduxolo Sabelo.

Tak hanya meminta berlian dikembalikan, masyarakat Afrika Selatan menuntut kerajaan Inggris untuk membayarkan biaya kompensasi atas berlian, emas serta batu permata yang telah diambil Inggris selama masa penjajahan.

"Kami mengalami kemiskinan yang menyakitkan, kami juga menghadapi masalah pengangguran massal dan meningkatnya tingkat kejahatan karena penindasan dan kehancuran yang disebabkan oleh Ratu Elizabeth dan nenek moyangnya. Berlian Cullinan harus dikembalikan ke Afrika Selatan dengan segera," ujar Sabelo.

Baca Juga: 'Camilla Hanyalah Umpan', Tragis Akhir Hidup Lady Diana, Ada Surat yang Ditulis 'Putri Rakyat' Sebelum Kecelakaan Merenggut Nyawanya, Begini Isinya