Find Us On Social Media :

Bukan Penyakit Seumur Hidup, Asam Lambung Bisa Disembuhkan, Ini Pengobatan Non Obat Menurut Dokter Spesialis Penyakit Dalam

Ilustrasi penyakit asam lambung atau GERD yang bisa menjadi penyebab radang kerongkongan

Gridhot.ID - Penyakit asam lambung bisa dialami oleh orang dewasa maupun anak-anak.

Penyakit asam lambung adalah kondisi munculnya rasa terbakar di dada akibat asam lambung naik ke kerongkongan.

Penyakit asam lambung yang sering terjadi dapat mengindikasikan penyakit refluks gastroesofagus (GERD), yakni bentuk asam lambung kronis yang lebih parah dan dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius jika tidak diobati.

Penyakit GERD atau asam lambung merupakan gangguan pada sistem pencernaan yang memengaruhi cincin otot katup antara kerongkongan dan perut.

Dokter Spesialis Penyakit dalam Konsultan Gastroenterologi Hepatologi, Prof Dr dr Ari Fahrial Syam Sp.PD-KGEH, MMB, mengatakan, GERD memang termasuk penyakit kronis, tetapi penyakit ini masih bisa diobati.

"Tetapi, GERD sendiri tidak bisa menyebabkan langsung terjadinya kematian," jelas Ari kepada Kompas.com, Kamis (16/12/2021).

Meski tidak langsung bisa menyebabkan kematian, GERD memang dapat menyebabkan berbagai komplikasi.

Hal ini terjadi karena asam lambung atau isi lambung yang naik dapat menyebabkan luka pada dinding dalam kerongkongan awalnya hanya perlukaan, luka yang terjadi bisa makin luas dan bisa menyebabkan penyempitan dari kerongkongan bawah.

Ari menjelaskan, sebenarnya ada 2 gejala utama GERD yaitu nyeri dada dan rasa panas di dada seperti terbakar (heart burn).

Biasanya nyeri dada ini diikuti juga dengan mulut pahit karena ada asam yang naik (regurgitasi).

Pengobatan Sakit GERD (Asam Lambung)

Baca Juga: Asam Lambung Tinggi Bisa Diatasi Tanpa Minum Obat, Coba Konsumsi Buah-buahan Ini, Efeknya Luar Biasa untuk Kesehatan