Find Us On Social Media :

Kebohongan Jubir OPM Sebby Sambom Terkuak, Klaim KKB Papua Serang Rombongan Penjabat Bupati Maybrat Ternyata Hanya Berita Bohong yang Dibuat-buat, Fakta Sebenarnya Diungkap Kapendam

Anggota KKB Papua Oni Kobagau (lingkar merah)

GridHot.ID - KKB Papua mengaku pernah menyerang Penjabat Bupati Maybrat, Bernhard E Rondonuwu.

Seperti dikutip Gridhot.id dari Poskupang.com, dalam klaimnya, KKB Papua menyerang rombongan Penjabat Bupati Maybrat Bernhard E Rondonuwu di dua kawasan di Kabupaten Maybrat, Provinsi Papua Barat, Sabtu 17 September 2022.

Lebih jelasnya, KKB Papua menyerang rombongan Penjabat Bupati Maybrat Bernhard E Rondonuwu di Kampung Sori dan Kampung Kisor wilayah Distrik Aifat Selatan hingga Distrik Aifat Timur Tengah.

Hal ini diungkapkan oleh Jubir OPM Sebby Sambom.

Namun, kabar penyerangan KKB Papua itu dipastikan bohong atau hoaks.

Penegasan ini disampaikan Kapendam XVIII/Kasuari, Letkol Inf Batara Alex Bulo, S.Hub.Int., dalam siaran persnya kepada media, Selasa (20/9/2022).

"Sekali lagi saya tegaskan bahwa tidak ada penyerangan dari KKB Papua kepada Pj. Bupati Maybrat beberapa waktu ini,” ujar Letkol Batara, melansir dari laman kasuari18-tniad.mil.id.

Menurut Kapendam, ia memastikan hal ini setelah mengkonfirmasi betul tidaknya informasi tersebut kepada Dandim 1809/Maybrat, Letkol Inf Harry Ismail S.IP lewat komunikasi telepon.

“Kami sudah mengecek dan mengkonfirmasi langsung kepada Dandim 1809/Maybrat dan disampaikan bahwa tidak ada kejadian tersebut, disinyalir bahwa ini adalah satu upaya provokasi yang terus dilakukan oleh kelompok-kelompok atau orang-orang yang ingin membuat kondisi tidak aman, perbuatan itu diyakini semata untuk menimbulkan kepanikan."

“Kepada masyarakat Papua Barat khususnya di Kabupaten Maybrat agar tidak terprovokasi dan tidak termakan atas isu-isu yang dapat mengakibatkan kegaduhan serta menimbulkan situasi yang tidak kondusif,” ucap Kapendam.

Berdasarkan keterangan Dandim 1809/Maybrat, untuk situasi wilayah sampai sekarang aman dan terkendali, semua aktivitas Pemerintahan dan kemasyarakatan hingga saat ini masih berjalan baik dan kondusif.

 Baca Juga: Tak Terima Ada Pejabat Injakkan Kaki di Wilayah Perang, KKB Papua Tega Duduki SD yang Baru Mau Buka Setelah 1 Tahun Ditutup Total, Bendera Bintang Kejora Berkibar Bak Tanda Area Kekuasaan