Find Us On Social Media :

Pabrikan Rusia, Tank BNP3F Milik TNI AL Buat Istri Andika Perkasa Kagum, Intip Spesifikasinya yang Lebih Andal dari Pendahulunya

Tank BMP3F buatan Rusia (kiri) dan Hetty Andika Perkasa (kanan)

GridHot.ID - Istri Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Hetty Andika Perkasa, melihat-lihat alat utama sistem senjata (alutsista) milik TNI AL.

Dilansir dari Antara News, Hetty Andika Perkasa pun dibuat kagum oleh alutsista TNI AL tersebut.

"Ada beberapa (alutsista) yang boleh diketahui, jangan khawatir semuanya (yang dijelaskan ini) masyarakat boleh tahu," kata Hetty Andika Perkasa dalam kanal YouTube resmi Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa di Jakarta, Jumat (23/9/2022).

Di antara alutsista TNI AL yang dijelaskan, ada kendaraan tempur Tank BNP3F buatan Rusia.

Mengutip Kompas.id, 13 Juli 2019, BMP3F merupakan tank amfibi berjenis armoured personnel carrier.

BMP3F dinilai lebih andal dari pendahulunya, yakni tank PT-76, yang sama-sama buatan Rusia.

BMP3F pertama kali tiba di Indonesia pada 2010 sebanyak 17 unit. Kedatangan kedua BMP3F terjadi pada 2013 sebanyak 37 unit.

Saat ini, BMP3F disiagakan di Markas Pasukan Marinir 1 Resimen Kavaleri 1 Marinir Jakarta.

BMP3F mampu mengisi amunisi dari rak amunisi secara otomatis. Selain itu, amunisi yang digunakan juga lebih besar.

BMP3F juga mampu menembakkan misil serta dilengkapi senjata lain berupa senapan mesin koaksial 30 mm dan PKT 7,62 mm. Fitur tersebut tidak tersedia di PT-76.

Pada BMP-3F terpasang meriam 100 milimeter berkecepatan rendah 2A70 yang dapat meluncurkan proyektil 9M117 ATGMs (AT-10 Stabber).

Baca Juga: Panglima TNI Andika Perkasa Langsung Turun Tangan, Heboh Bocah di Indramayu Telan Kunci hingga Nyangkut di Lambung Kini Dibawa ke RSAL Mintohardjo, Ternyata Begini Kronologinya