Find Us On Social Media :

Alutsista Mematikan Rudal Mistral Atlas hingga S-60 57 Mm Dikerahkan, TNI AU dan TNI AD Lakukan Ini Demi Jaga Pertahanan Darat dari Serangan Udara

Pusat Kesenjataan Artileri Pertahanan Udara (Pussenarhanud) menyelenggarakan Latihan Taktis Satuan Arhanud Terintegrasi TA.2022

GridHot.ID - Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang bertugas sebagai garda terdepan pertahanan negara belum lama ini melaksanakan latihan taktis.

Dalam latihan taktis terintegrasi ini, satuan Artileri Pertahanan Udara (Arhanud) mengerahkan alutista yang paling modern.

Diketahui, Batalyon Artileri Pertahanan Udara 1/Purwa Bajra Cakti (Yon Arhanud 1/Rajawali) yang berpangkalan di Serpong, Tigaraksa, Tangerang Selatan ikut terlibat di dalamnya.

Mengutip laman tniad.mil.id, diberitakan sebelumnya, Pusat Kesenjataan Artileri Pertahanan Udara (Pussenarhanud) Kodiklatad untuk pertama kalinya menggelar Latihan Taktis Integrasi (Lattis Integrasi) Satuan Arhanud Angkatan Darat dengan mengerahkan alutsista Arhanud yang paling modern.

Lattis Integrasi Satuan Arhanud Angkatan Darat ini melibatkan Batalyon Arhanud yang terdapat di wilayah Sumatera, Jawa dan Sulawesi antara lain Yonarhanud 1/Kostrad di Serpong, Yonarhanud 2/Kostrad di Malang, Yonarhanud 6 Kodam Jaya, Yonarhanud 8 di Surabaya, Yonarhanud 10/ABC Kodam Jaya di Bintaro, Yonarhanud 12 di Palembang Yonarhanud 13 di Pekanbaru, Yonarhanud 14 di Cirebon, Yonarhanud 15 di Semarang, Yonarhanud 16/Kostrad di Makasar, Denrudal 004 di Dumai, dan Baterai Arhanud Komposit di Natuna.

Berbagai alutsista modern yang dimiliki satuan Arhanud di seluruh Indonesia diterjunkan dalam mendukung latihan ini antara lain, Astros, Startrek, Radar CM 200 Shikra, Rudal Mistral Atlas, MCP, LML, MMS Ranpur Komodo dan meriam kaliber 20 mm hingga S-60 57 mm.

Latihan Taktis Integrasi Satuan Arhanud ini digelar oleh Pussenarhanud Kodiklatad bertujuan melatihkan prajurit Arhanud dalam konteks hakekat ancaman pertahanan darat dari serangan udara musuh, terutama pertahanan dalam pengamanan objek vital.

Komandan Pussenarhanud Kodiklatad, Mayjen TNI Karev Marpanung mengatakan, Lattis Integrasi Satuan Arhanud ini sesuai dengan doktrin TNI AD sebagai pertahanan negara Matra Darat.

“Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, bahwa salah satu tugas TNI AD adalah pertahanan negara Matra Darat, dan Pussenarhanud sebagai pembina (Lapang Teknis kekuasaan (LKT) satuan Arhanud Angkatan Darat memiliki kewajiban untuk menjadikan prajurit Arhanud semakin profesional dan memahami tugas-tugas dalam mendukung tugas pokok Angkatan Darat dengan latihan semacam ini, ” jelas Danpussenarhanud dalam keterangannya, Kamis (15/9/2022)

Lebih lanjut dikatakan bahwa Lattis Integrasi yang dilaksanan selama empat hari ini bukan hanya dilaksanakan oleh satuan di jajaran Angkatan Darat, namun juga melibatkan lintas matra dari satuan di TNI AU.

“Jadi latihan ini juga melibatkan lintas matra yaitu TNI AU, kami melibatkan satuan Koopsudnas, skadron pesawat tempur TNI AU dan satuan terkait lainnya, ” imbuhnya.

Baca Juga: Geger Video 3 Menit Sebut Panglima TNI Andika Perkasa Panggil Tukang Selidiki Ruang Rahasia Rumah Ferdy Sambo, Jangan Terkecoh Karena Ini yang Sebenarnya Terjadi