Find Us On Social Media :

Bank Soal PPPK 2022, BKN Akhirnya Beri Bocoran Jadwal Seleksi Guru P3K, Ini Contoh Soal Kompetensi Sosio Kultural untuk Persiapan Ujian

Ilustrasi tes CPNS dan PPPK

Gridhot.ID - Rekrutmen PPPK Guru 2022 akan dibuka dalam waktu dekat.

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN, Suharmen mengatakan, kemungkinan seleksi PPPK Guru 2022 akan digelar minggu ketiga November.

Selanjutnya pengumuman kelulusan PPPK Guru sekitar minggu ketiga sampai keempat Desember 2022.

"Targetnya paling cepat di Januari 2023 sudah ada penetapi nomor induk pegawai PPPK oleh pemerintah daerah (Pemda)," kata dia dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Selasa (27/9/2022).

Adapun sejumlah persyaratan dan ketentuan dalam rekrutmen PPPK Guru 2022 telah diumumkan.

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan menyatakan lowongan PPPK Guru 2022 bisa diakses melalui laman https://gurupppk.kemdikbud.go.id/.

Dalam rekrutmen PPPK Guru 2022, Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Alex Denni menjelaskan, terdapat 3 kategori pelamar yang diprirotaskan.

Pelamar Prioritas I yaitu Tenaga Honorer eks Kategori II (THK-II), guru non-ASN, lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG), dan guru swasta, yang pada masing-masing kategori tersebut telah memenuhi nilai ambang batas pada seleksi PPPK JF Guru Tahun 2021, tetapi belum mendapat formasi.

"Jadi pelamar prioritas I adalah mereka yang telah lulus nilai ambang batas atau passing grade pada seleksi tahun 2021," terang Alex.

Prioritas II adalah THK-II. Sementara Pelamar Prioritas III adalah guru non-ASN di sekolah negeri yang terdaftar di Dapodik dengan masa kerja minimal tiga tahun.

Untuk lulusan pendidikan profesi guru (PPG) yang terdaftar di basis data Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) serta mereka yang terdaftar pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik), masuk dalam kategori pelamar umum.

Baca Juga: Tanpa Tes Langsung Diangkat PPPK 2022, Inilah 8 Kategori Guru yang Mendapat Hak Istimewa, Ternyata Tak Semua Honorer Lulus PG Jadi Prioritas