Find Us On Social Media :

Makan 2 Piring Haram Bagi Kelompoknya, KKB Papua Tak Sudi Akui Kelompok yang Temui Komnas HAM Bahas Perdamaian dengan Indonesia, Jubir Sebby Sambom: Peletakan Batu Pertama Rumahnya Dihadiri Danrem

Pasukan TPNPB-OPM

GridHot.ID - Panglima OPM berharap adanya perdamaian tanpa kekerasan di Papua.

Seperti dilansir dari TribunPapua, hal ini disampaikan Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Ahmad Taufan Damanik.

Ia mengaku beberapa waktu lalu bertemu langsung dengan Panglima OPM di Papua.

Harapan Panglima OPM tersebut, kata Taufan, agar Komnas HAM bisa menjadi fasilitator dialog damai antara OPM dan pemerintah Indonesia.

"Mereka berharap Komnas HAM dapat membantu memfasilitasi dialog damai ini, jadi kalau ada orang yang bilang mereka (OPM) tidak setuju (untuk berdamai), tidak benar! Saya bertemu langsung," kata Taufan, dikonfirmasi, Jumat (9/9/2022).

Akhirnya pihak dari OPM kubu Juru Bicara Komnas Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka (TPNPB OPM) Sebby Sambom, mengungkap kondisi KKB Papua yang saat ini telah terpecah belah.

KKB OPM kini diduga telah bermain dua kaki. Ada dua kubu kombatan OPM.

Sebby Sambom pun menyoroti pengakuan atas klaim Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik, soal pertemuannya langsung dengan Panglima OPM di pedalaman.

Penjelasan dari Komnas HAM tersebut dibantah pihak kombatan, kubu Sebby Sambom.

Sebby Sambom mengatakan Komnas HAM tidak pernah menemui Panglima OPM.

Melainkan, yang ditemui adalah kelompok binaan TNI/Polri.

 Baca Juga: Andika Perkasa Marah Besar Ada Anggotanya Tega Jual Senjata ke KKB Papua, Panglima TNI Sampai Perintahkan Tambah Pasal Bagi Pelakunya: Kalau Sudah Bohong dan Ketahuan, Jangan Dianggap Biasa Saja!