Find Us On Social Media :

Ahli Gizi yang Menyarankan, Inilah 2 Pengobatan Rumahan Sederhana Tapi Ampuh Atasi Asam Lambung: Telah Dicoba dan Diuji

Ilustrasi - orang yang mengalami asam lambung naik

GridHot.ID - Asam lambung naik atau refluks asam merupakan kondisi di mana cairan asam di lambung naik lagi ke kerongkongan.

Tanda paling khas dari asam lambung adalah rasa tidak nyaman di dada.

Dilansir dari india.com, selain itu tanda asam lambung lainnya, antara lain:

Penyebab refluks asam

Melansir india.com, Dr Roy Patankar, Ahli Gastroenterologi & Direktur Zen Multispeciality Hospital, Chembur, mengatakan penyebab refluks asam bermacam-macam.

Penyebab refluks asam antara lain makan dalam porsi yang sangat besar atau makan terlalu dekat dengan waktu tidur, mengalami obesitas atau hamil, memilih makanan seperti cokelat, pedas, jeruk, dan asam, makanan dier yang rendah serat, alkohol, makan cepat, kafein, minuman berkarbonasi dan minum obat tertentu.

"Stres, kurang tidur, efek samping dari obat-obatan tertentu, karena obat-obatan yang ada dan kebiasaan makan yang salah dapat meningkatkan risiko refluks asam. Selain itu, itu dapat menghambat aktivitas Anda sehari-hari dan mencuri ketenangan pikiran Anda," tambah Dr Roy.

Pengobatan rumahan untuk refluks asam

Dilansir dari india.com, ahli gizi olahraga Nidhi Gupta merekomendasikan pengobatan rumahan yang sederhana namun ampuh untuk mengobati masalah sama lambung.

Gupta menyarankan dua pengobatan rumahan yang telah dicoba dan diuji.

Baca Juga: Waspada! Stres dan Kecemasan Rupanya Picu Asam Lambung Naik, Ini Cara Mengatasinya

1. Ramun kapulaga dan cengkih