Find Us On Social Media :

Bank Soal PPPK 2022, Berikut 40 Contoh Soal Kompetensi Teknis untuk Guru Kimia, Sudah Dilengkapi Kunci Jawaban dan Pembahasan

Ilustrasi peserta seleksi CPNS dan PPPK

Gridhot.ID - Rekrutmen PPPK Guru 2022 akan dibuka pada minggu ketiga bulan November. 

Pelamaran seleksi PPPK Guru 2022 dilakukan melalui laman Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) milik Badan Kepegawaian Negara (BKN), sscasn.bkn.go.id.

Perlu diketahui, pemenuhan kebutuhan guru melalui pengadaan PPPK 2022 mendahulukan pelamar prioritas, yang terdiri dari:

- Pelamar prioritas I, yaitu peserta yang telah mengikuti seleksi PPPK guru tahun 2021 dan telah memenuhi ambang batas, dilakukan berdasarkan urutan THK-II, guru non-ASN, lulusan PPG, dan guru swasta. - Pelamar prioritas II, yaitu THK-II yang tidak termasuk dalam THK-II pada kategori pelamar prioritas I.

- Pelamar prioritas II, yaitu guru non-ASN yang tidak termasuk dalam guru non-ASN kategori pelamar prioritas I di satuan pendidikan yang diselenggarakan pemerintah daerah dan memiliki keaktifan mengajar minimal 3 tahun atau setara 6 semester di Dapodik.

Seleksi kompetensi bagi pelamar prioritas I ini menggunaan hasil seleksi PPPK 2021.

Sedangkan seleksi untuk pelamar prioritas II dan pelamar prioritas III dilakukan dengan menilai kesesuaian kualifikasi akademik, kompetensi, kinerja, dan pemeriksaan latar belakang. 

Selain itu, PPPK Guru 2022 juga bisa didaftari oleh pelamar umum, terdiri atas lulusan PPG yang terdaftar pada database kelulusan Pendidikan Profesi Guru di Kemendikbudristek dan pelamar yang terdaftar di Dapodik.

Seleksi kompetensi bagi pelamar umum PPPK Guru masih sama dengan seleksi tahun lalu.

Yakni seleksi dilakukan dengan CAT-UNBK untuk menilai kesesuaian kompetensi manajerial, kompetensi teknis dan kompetensi sosial kultural yang dimiliki oleh pelamar dengan standar kompetensi jabatan.

Baca Juga: Tanpa Tes Langsung Diangkat PPPK 2022, Inilah 8 Kategori Guru yang Mendapat Hak Istimewa, Ternyata Tak Semua Honorer Lulus PG Jadi Prioritas

Sebagai informasi, jadwal resmi dan lowongan PPPK Guru 2022 dapat dipantau secara berkala melalui laman https://gurupppk.kemdikbud.go.id/.