Find Us On Social Media :

Bank Soal PPPK 2022, Unduh Contoh Soal Kompetensi Manajerial Ini untuk Latihan, Sudah Dilengkapi Kunci Jawaban dan Pembahasan

Seleksi CPNS dan PPPK di Kemenkumham Jatim tahun 2021

Gridhot.ID - Tenaga guru menjadi prioritas pada penerimaan PPPK 2022 yang akan dibuka pada bulan November. 

Ada 530.028 formasi PPPK yang dibuka tahun 2022 dengan total formasi untuk PPPK Guru sebanyak 319.716.

Sisanya, untuk tenaga kesehatan 92.014 orang serta PPPK tenaga teknis sebanyak 27.608 orang.

Pelamaran seleksi PPPK Guru 2022 dilakukan melalui laman Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) milik Badan Kepegawaian Negara (BKN), sscasn.bkn.go.id.

Perlu diketahui, pemenuhan kebutuhan guru melalui pengadaan PPPK 2022 mendahulukan pelamar prioritas, yang terdiri dari:

- Pelamar prioritas I, yaitu peserta yang telah mengikuti seleksi PPPK guru tahun 2021 dan telah memenuhi ambang batas, dilakukan berdasarkan urutan THK-II, guru non-ASN, lulusan PPG, dan guru swasta.

Seleksi kompetensi bagi pelamar prioritas I ini menggunaan hasil seleksi PPPK 2021. - Pelamar prioritas II, yaitu THK-II yang tidak termasuk dalam THK-II pada kategori pelamar prioritas I.

- Pelamar prioritas II, yaitu guru non-ASN yang tidak termasuk dalam guru non-ASN kategori pelamar prioritas I di satuan pendidikan yang diselenggarakan pemerintah daerah dan memiliki keaktifan mengajar minimal 3 tahun atau setara 6 semester di Dapodik.

Seleksi untuk pelamar prioritas II dan pelamar prioritas III dilakukan dengan menilai kesesuaian kualifikasi akademik, kompetensi, kinerja, dan pemeriksaan latar belakang. 

Selain itu, PPPK Guru 2022 juga bisa didaftari oleh pelamar umum, terdiri atas lulusan PPG yang terdaftar pada database kelulusan Pendidikan Profesi Guru di Kemendikbudristek dan pelamar yang terdaftar di Dapodik.

Baca Juga: Tanpa Tes Langsung Diangkat PPPK 2022, Inilah 8 Kategori Guru yang Mendapat Hak Istimewa, Ternyata Tak Semua Honorer Lulus PG Jadi Prioritas

Seleksi kompetensi bagi pelamar umum PPPK Guru masih sama dengan seleksi tahun lalu.