Find Us On Social Media :

Jepang Ketar-ketir, Korea Utara Seenak Jidat Luncurkan Rudal Balistik dari Pyongyang Melintasi Negeri Sakura, Pemerintah Sebut Geng Kim Jong Un Barbar

Korea Utara

Gridhot.ID - Korea Utara baru saja membuat Jepang kelimpungan.

Pasalnya dikutip Gridhot dari Kompas.com, Korea Utara seenaknya meluncurkan rudal di pagi hari pada Kamis, 3 November 2022.

Warga di wilayah Miyagi, Niigata, dan Yamagata Utara sampai diperintahkan berlindung atau tetap berada di rumah akibat serangan ini.

Dikutip Gridhot dari Kontan, otoritas pertahanan Jepang pada hari Kamis (3/11) mendeteksi tiga rudal Korea Utara meluncur ke arah timur.

Salah satu di antaranya diduga merupakan rudal balistik antar-benua atau ICBM.

Kantor berita Kyodo melaporkan, pemerintah Jepang sempat mengeluarkan peringatan J-Alert bahwa rudal pertama yang diluncurkan oleh Korea Utara akan terbang di atas pulau utama Honshu.

Pemerintah bahkan telah mengeluarkan peringatan yang meminta penduduk di beberapa prefektur timur laut dan tengah Jepang untuk tetap berada di dalam rumah.

Tak berselang lama, pemerintah mengoreksi pengumuman tersebut dan mengatakan bahwa proyektil telah menghilang dari radar di atas Laut Jepang.

Menyusul peluncuran rudal Korea Utara tersebut, Menteri Pertahanan Jepang, Yasukaze Hamada, mengatakan pihaknya masih menyelidiki penyebab hilangnya rudal tersebut dari radar.

"Salah satu rudal Korea Utara terbang sekitar 750 kilometer di ketinggian sekitar 2.000 km sebelum jatuh ke Laut Jepang," kata Hamada.

Sementara itu, militer Korea Selatan mencatat bahwa rudal yang diduga ICBM ditembakkan dari daerah Sunan Pyongyang sekitar pukul 07:40 waktu setempat.

Baca Juga: Bak Sudah Muak Diam Saja, Korea Selatan Bakal Langsung Balas Provokasi Sekecil Apapun yang Dilakukan Korea Utara, Siap Perang?