Find Us On Social Media :

KKB Papua Sabet Pekerja hingga Tewas dan Bakar Kamp Tambang di Pegunungan Bintang, Polisi Akui Sudah Kantongi Kelompok OPM Penebar Teror di Distrik Awimbon

PEMBAKARAN - Lokasi kamp tambang 81 di Kampung Kawe, Distrik Awimbon, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, yang dibakar KKB pada Sabtu (5/11/2022)

GridHot.ID - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua tak berhenti menebar ketakutan di masyarakat.

Kali ini, KKB Papua diketahui menyerang dan membakar kamp tambang di Distrik Awimbon, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Adapun keganasan KKB Papua tersebut, satu orang dikabarkan meninggal dunia.

Melansir Kompas.com, sekelompok orang tidak dikenal (OTK) menyerang kamp di lokasi pertambangan ilegal mil 81, kampung Kawe, Distrik Awimbon, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Sabtu (5/11/2022) petang.

Selain menyerang, OTK juga membakar kamp dan mengakibatkan Rolmo Aldus Tuenoa tewas.

"Sabtu, sekira pukul 18.00 Wit, telah terjadi penyerangan dan pembakaran kamp di lokasi mining 81 Kampung Kawe yang menyebabkan korban meninggal dunia," ujar Kapolres Pegunungan Bintang AKBP Cahyo Sukarnito, melalui pesan singkat, Minggu (6/11/2022).

Cahyo belum bisa memastikan penyebab penyerangan tersebut.

Pasalnya, lokasi yang merupakan wilayah perbatasan antara Pegunungan Bintang dengan Yahukimo dan Boven Digoel, sulit diakses.

Mengenai pelaku, mereka diduga Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang sebelumnya melakukan aksi pemenggalan kepala salah satu penembang di dekat lokasi kejadian saat ini, pada Juli 2022.

"Diperoleh informasi awal pelaku adalah kelompok Bocor Sobolim dari Yahukimo. Lokasi TKP bersebelahan dengan TKP sebelumnya korban dipenggal kepalanya," kata Cahyo.

Untuk korban, saat ini jenazahnya sudah dievakuasi menggunakan helikopter ke Kabupaten Boven Digoel.

Baca Juga: KKB Papua Berduka, Terdakwa Kasus Penyerangan Pos TNI Maybrat Meninggal Dunia Secara Misterius, Kuasa Hukumnya Sebut Ada Beberapa Kejanggalan Ini