Find Us On Social Media :

Tak Perlu Cemas, Ini Daftar Pinjol Ilegal Oktober 2022, Cek Juga Pinjaman Online Legal yang Berizin OJK dan Dijamin Aman

Ilustrasi pinjaman online (pinjol) tanpa BI Checkin

GridHot.ID - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bertindak cepat dengan menutup sebanyak 4.265 aplikasi pinjaman online (pinjol) ilegal.

Seperti dilansir dari Sripoku, kini hanya 102 fintech legal yang kini mengantongi izin.

Maraknya pinjol yang menawarkan kemudahan akses pinjaman tanpa harus memberikan jaminan, kerap membuat calon peminjam terlena.

Masyarakat pun harus jeli membedakan antara pinjol legal dan ilegal.

Satgas Waspada Investasi (SWI) OJK menertibkan 88 pinjol ilegal sepanjang Oktober 2022. Lalu, apa saja pinjol legal menurut OJK pada November 2022 ini?

Perusahaan financial technology (fintech) lending atau pinjol ilegal masih marak beroperasi di sekitar masyarakat.

Dilansir dari keterangan resmi, SWI OJK pada Oktober 2022 kembali menghentikan 88 platform pinjol ilegal yang berpotensi merugikan masyarakat.

Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L. Tobing mengatakan temuan pinjol ilegal tersebut merupakan upaya pencegahan dan penanganan yang dilakukan SWI sebelum adanya aduan dari korban berdasarkan crawling data (pemantauan aktivitas penawaran investasi yang sedang marak di masyarakat serta melalui media sosial, website, dan youtube) yang dilakukan melalui big data center aplikasi waspada investasi.

SWI juga melakukan penghentian dan menyampaikan pengumuman kepada masyarakat terkait adanya investasi dan pinjol ilegal. SWO juga melakukan pemblokiran terhadap situs/website/aplikasi pinjol ilegal dan menyampaikan laporan informasi ke Bareskrim Polri.

Khusus selama Oktober 2022, SWI menemukan 88 platform pinjol ilegal. Bulan sebelumnya pada September 2022 ada 105 pinjol ilegal.

Dengan demikian, sejak tahun 2018 s.d. Oktober 2022 ini, jumlah platform pinjaman online ilegal yang telah ditutup menjadi sebanyak 4.352 pinjol ilegal.

Baca Juga: Prosesnya Gampang dan Gak Ribet, Pinjaman Online di Tokopedia Bisa Jadi Salah Satu Alternatif Jika Butuh Dana Instan