Find Us On Social Media :

Gentayangan Saat Perang Dingin dan Canepa War, Berikut Spesifikasi Jet Tempur Dassault Mirage 2000-5 yang Berencana Diborong Prabowo Subianto dari Qatar

Dassault Mirage 2000-5

Gridhot.ID - Indonesia memang sedang memperkuat pertahanan negaranya dengan membeli jet tempur dan alutsista lainnya.

Dikutip Gridhot dari Tribunnews, dilaporkan awal tahun 2022 saja, Indonesia melalui Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sukses membeli jet tempur Dassault Rafale dari Prancis.

"Kita rencananya akan mengakuisisi 42 pesawat Rafale. Kita mulai hari ini dengan tanda tangan kontrak pertama untuk 6 pesawat yang akan disusul dalam waktu dekat dengan kontrak untuk 36 pesawat lagi, dengan dukungan latihan persenjataan dan simulator-simulator yang dibutuhkan," kata Prabowo kepada wartawan pada Kamis (10/2/2022).

Bahkan TNI AU di bulan November tahun 2022 sudah mengirimkan pilot terbaiknya untuk melakukan pelatihan dalam menerbangkan Rafale.

Baru saja sukses memboyong jet tempur tersebut, Menhan Prabowo Subianto kembali berusaha mencari alutsista lainnya.

Dikutip Gridhot dari Kompas.com, Indonesia berencana membeli 12 jet tempur Mirage 2000-5 bekas penggunaan Angkatan Udara Kerajaan Qatar guna mempertebal kekuatan pertahanan udara nasional.

Juru Bicara Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak menyebut rencana pembelian selusin Mirage tersebut masih dalam proses negosiasi.

“Sedang dalam proses negoisasi,” kata Dahnil melalui pesan singkat kepada Kompas.com, Kamis (17/11/2022) siang.

Dahnil mengatakan, rencana pembelian Mirage milik Qatar diharapkan sebagai langkah transisi kekuatan sebelum enam jet Rafale pesanan pertama Indonesia tiba di Tanah Air sekira 2026 mendatang.

“(Masih) proses negoisasi, dengan harapan (Mirage) menjadi transisi kekuatan sebelum Rafale datang yang masih membutuhkan waktu,” kata Dahnil.

“Sebagai interim agar kekuatan kita ready alias siap sedia, maka dilakukan negoisasi pesawat-pesawat tempur yang sudah ready,” sambung Dahnil.

Baca Juga: Doni Salmanan Dituntut 13 Tahun Penjara, Kesetiaan Dinan Fajrina Mendadak Tuai Pujian Karena Hal Ini, Netizen: Alhamdulillah Nggak Salah Pilih Istri