Find Us On Social Media :

MH17 Malaysia Airlines Dinyatakan Ditembak Rudal Buatan Rusia, Australia Peringatkan Putin Agar Tak Sembunyikan Para Pelaku yang Ternyata Pernah Pegang Jabatan Penting

Puing-puing MH17 Malaysia Airlines

Gridhot.ID - Pengadilan Belanda telah mengonfirmasi kasus tragedi jatuhnya Malaysia Airlines MH17 yang menewaskan 283 penumpang di dalamnya.

Dikutip Gridhot dari Kompas.com, MH17 Malaysia Airlines dinyatakan ditembak oleh rudal buatan Rusia.

Pengadilan juga menyatakan adanya empat tersangka dalam kasus penembakan MH17 Malaysia Airlines tersebut.

Pengadilan kemudian memutus bersalah dua warga negara Rusia dan seorang warga Ukraina pro-Moskwa secara in absentia, karena para terdakwa tidak hadir di persidangan, atas pembunuhan semua penumpang dan awak pesawat MH17 dan memvonis mereka hukuman penjara seumur hidup.

Sementara itu, seorang lagi warga Rusia dibebaskan karena kurang bukti.

Terdakwa paling senior yang dihukum adalah Igor Girkin, mantan kolonel Dinas Keamanan Federal Rusia (FSB) berusia 51 tahun.

Pada saat kejadian, dia adalah menteri pertahanan dan komandan angkatan bersenjata Republik Rakyat Donetsk, entitas yang memproklamasikan diri memiliki kedaulatan sendiri, yang merupakan wilayah jatuhnya pesawat.

Girkin dilaporkan saat ini terlibat dalam perang Rusia di Ukraina.

Selain dirinya, anak-anak buahnya juga diputus bersalah, yaitu Sergey Dubinskiy dan Leonid Kharchenko, warga Ukraina yang disebut jaksa merupakan komandan unit penyerang pasukan pemberontak pro-Rusia, yang menerima perintah langsung dari Dubinskiy.

Oleg Pulatovis, satu-satunya terdakwa yang dibebaskan, diwakili pengacara di persidangan.

Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong pada Jumat (18/11/2022), mendesak Rusia menyerahkan tiga pria yang dinyatakan bersalah menembak jatuh penerbangan Malaysia Airlines MH17.

Baca Juga: Ada Kisah Anak Sebatang Kara karena Orang Tuanya Dibantai Mafia, Berikut 3 Rekomendasi Anime Genre Criminal yang Tayang Selain di anoBoy