Find Us On Social Media :

Doyan Gali Lubang Tutup Lubang, Tersangka Penipuan Pinjaman Online Ratusan Mahasiswa IPB Ditangkap, Polisi Ungkap 1 Fakta Baru Soal Aksi Pelaku

Pelaku yang menipu ratusan mahasiswa IPB membeli mobil dengan cara kredit.

GridHot.ID - Ratusan Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) University terjerat pinjaman online alias pinjol.

Tepatnya, sebanyak 126 mahasiswa IPB menjadi korban penipuan dengan modus pencairan dana melalui aplikasi belanja dan dibayar menggunakan pinjol.

Jumlah nilainya pun fantastis Rp 2,3 miliar.

Melansir tribunjabar.id, Wakil Rektor (WR) 1 Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan IPB Universty, Drajat Martianto, mengatakan masih ada mahasiswa yang takut melapor menjadi korban penipuan pinjol.

"Sampai malam ini sebenarnya yang fiks (terjerat pinjol) 116 mahasiswa IPB. Data yang melapor ke polisi 302. Sisanya itu adalah mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi," kata Drajat saat dialog Kompas Malam di KOMPAS TV, Selasa (15/11/2022).

Dia memperkirakan, jumlah mahasiswa terjerat kasus ini masih akan bertambah.

"Karena kami masih tetap membuka help desk, agar mahasiswa bisa melaporkan. Ada mahasiswa yang kita duga tidak mau melapor, karena malu, takut orang tua, dan sebagainya," imbuh Drajat.

IPB itu juga mengonfirmasi bahwa pelaku penipuan berinisial SAN bukan mahasiswa maupun alumni kampusnya.

"Dia orang luar, dia adalah pengusaha daring, dia punya toko online. Nah, kemudian dengan toko online itulah, dia memanfaatkan situasi untuk menjerat mahasiswa-mahasiswa ini, agar bekerja sama dengan yang bersangkutan," terang Drajat.

Drajat menjelaskan, kasus ini bermula saat terduga pelaku menawarkan kepada para mahasiswa untuk membeli produk di toko online.

Motifnya adalah untuk meningkatkan rating toko.

Baca Juga: Alami Kerugian Sekitar Rp 2,1 Milliar, 116 Mahasiswa di IPB Terkena Tipu Daya Penipuan Pinjaman Online, Wakil Rektor Akhirya Buka Suara Soal Pelaku