Find Us On Social Media :

50 Orang Masuk Bawa Senjata Tajam, Cucu PB XIII Ceritakan Detail Kronologi Kericuhan di Keraton Solo, BRM Suryo Mulyo: Saya Cucunya Sinuhun Aja Diginiin

Kondisi dikawasan Keraton Kasunanan Solo, Jawa Tengah, pada Jumat (23/12/2022).

GridHot.ID - Baru-baru ini konflik keluarga Keraton Solo membuat heboh jagat maya.

Keraton Solo kembali ricuh akibat perkelahian penghuninya para keturunan ningrat yang masih berkerabat.

Diketahui dari Tribunnews, kericuhan terjadi di Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Jumat (23/12/2022) malam.

Bentrok terjadi antara kubu Sasonoputro yang mengatasnamakan Sri Susuhunan Pakubuwono XIII dan Lembaga Dewan Adat (LDA), atau yang selama ini dikenal sebagai kubu Gusti Moeng (putri PB XIII).

Cucu dari Pakubuwono (PB) XIII, BRM Suryo Mulyo yang saat kejadian berada di dalam rumah pun berusaha menceritakan kronologi kericuhan tersebut.

Bentrok terjadi antara kubu Sasonoputro yang mengatasnamakan Sri Susuhunan Pakubuwono XIII dan Lembaga Dewan Adat (LDA), atau kubu Gusti Moeng.

Suryo mengatakan bahwa kericuhan terjadi sesaat menjelang kirab budaya.

Sekitar 50 orang bersenjata pun memasuki keraton dan bahkan menodongkan senjata tajam untuk mengusir para penghuni keluar dari keraton.

Namun, BRM Suryo Mulyo, BRM Yudhistira Rachmat Saputro, dan Gray Devi Lelyana Dewi tetap berusaha untuk bertahan dari serangan.

Pengusiran dilakukan oleh kubu Sasonoputro yang mengatasnamakan Sri Susuhunan Pakubuwono XIII.

Diketahui dari Grid.id, peristiwa ini terjadi menjelang Kirab Budaya LDA Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang dipimpin oleh Gusti Moeng, Sabtu (24/12/2022).

 Baca Juga: Benteng Tembok Keraton Kartasura Dijebol Warga, Respon Gibran Rakabuming Raka Mengejutkan, Wali Kota Solo Beberkan Aturan Kramat Menjaga Bangunan Cagar Budaya: Ngecat Aja Harus Lapor