Find Us On Social Media :

Antisipasi Pemberontakan KKB Papua, Kapolda Papua Barat Irjen Pol Daniel Silitonga Libatkan 2000 Personel Amankan Perayaan Natal, Beberapa Titik Ini Jadi Fokus Pengamanan

Kapolda Papua, Irjen Daniel Silitonga memerintahkan aparatnya memperketat pengamanan di tempat-tempat ibadah. Pengamanan internal gereja pun optimalkan. Kalau ada wajah baru patut diwaspadai.

Laporan Wartawan Gridhot.ID - Akhsan Erido Elezhar

Gridhot.ID - Kapolda Papua Barat Irjen Pol Daniel Silitonga,menyampaikan pesan penting terkait pengamanan Natal 25 Desember 2022 di Papua Barat.

Dilansir Gridhot.ID dari artikel terbitan Pos-Kupang, 24 Desember 2022, dikatakannya, pengamanan internal di gereja, mutlak dilakukan dan kalau ada orang baru, maka perlu diwaspadai.

Pesan Daniel Silitonga itu terkait Kelompok Kriminal Bersenjata di Papua atau KKB Papua yang cenderung menunjukkan eksistensinya dengan melakukan pelbagai aksi tanpa memikirkan keselamatan diri dan pihak lain.

Pesan ini pantas disampaikan karena dalam bulan Desember 2022 ini, kelompok separatis tersebut menunjukkan keberadaannya melalui sejumlah aksi kriminal.

Setiap tindakan dalam bulan Desember 2022 ini selalu menimbulkan korban jiwa, baik warga sipil maupun aparat bersenjata.

Pada awal Desember 2022, misalnya, KKB Papua melakukan penyerangan ke pangkalan ojek di Kampung Mangabib dan mengakibatkan dua orang tewas mengenaskan.

Minggu berikutnya, KKB Papua kembali melakukan penyerangan di Pasar Distrik Sinak, Kabupaten Puncak, Papua Pegunungan.

Dalam insiden ini, anggota KKB Papua menembak mati Darius Yumame, karyawan bank Papua yang sedang berbelanja di Pasar Sinak, Kabupaten Puncak.

Dalam minggu yang sama, KKB Papua juga melakukan penyerangan secara mendadak terhadap rombongan aparat kepolisian di Kepulauan Yapen.

Baca Juga: Puas Kalahkan Razman Nasution di Pengadilan, Ini Tanggapan Richard Lee soal Rencana Seterunya Ajukan Gugatan Baru ke Polisi: Keterlaluan

Dalam serangan mendadak tersebut, seorang warga sipil yang ikut dalam rombongan tersebut, tewas tertembak dengan peluru bersarang di bagian tulang belakang.