Find Us On Social Media :

Kamuflase KKB Papua Susahkan Aparat, Irjen Daniel Silitonga Ancang-ancang Hadapi Serangan, Mabes Polri Siap Beri Bantuan: Kami Akan Back Up!

Kapolda Papua Barat Irjen Daniel T.M. Silitonga (kiri) perintahkan penangkapan terhadap KKB Papua (kanan)

Gridhot.ID - Mabes Polri menyatakan siap membantu atau back up Polda di wilayah Papua dan Papua Barat dalam menindak KKB Papua.

Hal itu disampaikan Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo terkait status siaga 1 yang ditetapkan Polda Papua Barat terhadap KKB di Maybrat.

Kendati demikian, Dedi menegaskan penegakan hukum di wilayah itu sepenuhnya tetap merupakan kewenangan dari Polda setempat.

Namun, kata dia, Mabes Polri siap memberikan bantuan personel apabila memang diperlukan oleh Tim Satgas Damai Cartenz dan pasukan Polda.

"Pasukan Satgas Damai Cartens dan pasukan Polda yang laksanakan penegakan hukum, apabila Polda Papua perlu penebalan tentunya Mabes (Polri) akan back up," kata Dedi saat dikonfirmasi Kompas.com, Kamis (29/12/2022).

Kapolda Papua Barat Irjen Daniel T.M. Silitonga sebelumnya memerintahkan seluruh aparat bergerak menangkap KKB baik dalam keadaan hidup maupun mati.

Pasalnya, KKB masih terus menebar teror terhadap warga sipil di Maybrat, Papua Barat Daya.

Ia juga meminta jajaran agar tidak lengah menghadapi teror KKB terhadap warga sipil.

"Kami siaga 1 hadapi KKB di Maybrat. Intinya para penjahat itu harus ditangkap hidup atau mati," ujar Daniel di Manokwari, Rabu (28/12/2022) malam.

Daniel memastikan bahwa personel Polri dan TNI telah menguasai daerah Maybrat yang sebelumnya diklaim telah diduduki oleh KKB.

"Sampai saat ini Maybrat dalam situasi kondusif. Polri dan TNI melakukan evaluasi berkala bersama Pemkab Maybrat sehingga kami memastikan video yang beredar tentang KKB menguasai Distrik Kumurkek itu tidak benar," kata Daniel.

Baca Juga: Komandan KKB Papua Ketahuan Ngibul, Ini Sosok Arnoldus Yancen Kocu yang Bohong Telah Kuasai Maybrat, Sadis Aksinya Bantai 4 Pekerja Jalan Trans