Find Us On Social Media :

Bahaya Self Diagnosis Mengenai Asam Lambung, dr Alya Batami Ungkap Alasannya, Tolong Jangan Dilakukan!

Asam lambung naik

Gridhot.ID - Naiknya asam lambung merupakan masalah pada organ pencernaan yang kerap terjadi di masyarakat.

Asam lambung naik atau penyakit asam lambung terjadi saat asam lambung berulang kali naik ke kerongkongan atau esofagus.

Penyakit asam lambung memiliki tanda dan gejala umum tertentu.

Selama ini ada anggapan bahwa perut yang tidak nyaman sebaiknya langsung mengonsumsi obat lambung.

Mengutip dari Tribunhealth.com, dr. Alya Batami menyampaikan, sebaiknya masyarakat awam tidak mendiagnosis dirinya sendiri (self diagnosis).

Self diagnosis adalah upaya mendiagnosis diri sendiri berdasarkan informasi yang didapatkan secara mandiri. Informasi itu bisa melalui teman, keluarga, internet atau pengalaman pribadi.

Bukannya menjadi lebih baik, ada sejumlah risiko yang mungkin saja dihadapi oleh individu saat mendiagnosis dirinya sendiri.

Salah satu dari banyak risiko itu adalah sakit yang bisa jadi semakin parah dan memburuk. 

Jika memang memiliki gejala seperti mual, muntah, sering bersendawa, perut kembung dan nyeri ulu hati silahkan untuk memeriksakan diri ke dokter.

Karena beberapa gejala penyakit mirip dengan asam lambung, padahal bukan.

Misalnya pada pasien usia tua baik laki-laki ataupun perempuan, memiliki riwayat darah tinggi atau diabetes sebelumnya sering mengira mengalami penyakit asam lambung dikarenakan mengeluhkan nyeri ulu hati, mual dan keringat dingin.

Baca Juga: Asam Lambung Naik di Malam Hari, Ini 2 Posisi Tidur Terbaik untuk Kurangi Gejalanya, Hindari Terlentang dan Miring ke Kanan