Find Us On Social Media :

KKB Papua Ternyata Punya Tiga Sayap Militer, Sosok Ini Klaim Sebagai Panglima Tertinggi

Panglima TPNPB-OPM Goliat Tabuni dan Panglima Tertinggi West Papua Army Damianus Magai Yogi. Kedua tokoh KKB Papua ini bermusuhan.

Laporan Wartawan Gridhot.ID - Akhsan Erido Elezhar

Gridhot.ID - Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB Papua ternyata memiliki tiga sayap militer dengan misi yang sama, yakni memperjuangkan Papua Barat merdeka.

Dilansir Gridhot.ID dari artikel terbitan Pos-Kupang, 5 Januari 2022, pertama, Tentera Pembebasan Nasional Papua Barat - Organisasi Papua Merdeka ( TPNPB-OPM ), dipimpin oleh Goliat Tabuni.

Kedua, Tentara Nasional Papua Barat ( TNPB ), dipimpin Fernando Worobay.

Ketiga, Tentara Revolusi Papua Barat ( TRWP ), dipimpin Matias Wenda.

Sayap militer KKB Papua ini memiliki jaringan di kabupaten hingga ke distrik (kecamatan).

TPNPB-OPM misalnya, memiliki organisasi di bawahnya dengan sebutan Kodap.

Sementara West Papua Army membawahi TPNPB-OPM, TNPB dan TRWP.

Informasi mengenai keberadaan sayap militer KKB Papua ini disampaikan Panglima Tertinggi West Papua Army Damianus Magai Yogi dalam pernyataan tertulisnya, Sabtu 31 Desember 2022.

Mengawali pernyataanya, Damianus Magai Yogi menyampaikan selamat Tahun Baru 1 Januari 2023.

Baca Juga: Gelar dan Profesinya Mentereng Sebelum Jadi ODGJ, Sosok Ibu Eny Dibongkar Mantan ART yang Pernah Bekerja Dengannya: Suka Berbagi dan Humble...

“Setelah melewati 365 dan 12 bulan ini, dengan rasa penuh senantiasa Panglima Tertinggi West Papua(WPA) menyampaikan selamat memasuki Tahun Baru 2023. Di tahun baru ini pengingat buat seluruh orang asli Papua lebih khusus juga para pejuang, baik itu sipil yang sedang ada di kota maupun militer yang sedang ada di hutan rimbah di mana saja anda berada untuk senantiasa memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa West Papua menuju kemerdekaan bagi bangsa papua Barat," ucap Damianus Magai Yogi, melansir thetpn-pbnews.com.