Find Us On Social Media :

Menteri Kesehatan Harap Masyarakat Sudah Sadar Sendiri Tentang Aturan Pakai Masker: Kalau Hujan, Pemerintah Tidak Menyuruh Pakai Payung, Tapi Sadar Mereka Perlu Payung!

Masker canggih yang dipakai Prabowo Subianto

Gridhot.ID - Presiden Jokowi telah resmi mencabut PPKM di seluruh wilayah Indonesia sejak 30 Desember 2022 lalu.

Dikutip Gridhot dari Tribun Bali, meski PPKM telah dicabut, protokol kesehatan masih terus dilakukan di berbagai tempat.

Salah satu protokol kesehatan yang tetap sering digaungkan adalah tentang penggunaan maskes di dalam ruang.

Meski masih diperlukan, penggunaan masker ini nyatanya sudah tak lagi diperintahkan secara paksa.

Dikutip Gridhot dari Kompas.com, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan pentingnya edukasi pencegahan penyakit di masyarakat. Edukasi ini berperan penting agar masyarakat lebih sadar tanpa harus dipaksa oleh pemerintah.

Ia lantas mencontohkan penerapan protokol kesehatan saat pandemi Covid-19, seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

Protokol kesehatan yang mendasar ini tidak baik jika penerapannya terus-menerus diimbau pemerintah, tanpa ada kesadaran yang tumbuh dari masyarakat.

"Protokol-protokol kesehatan seperti ini, ini tidak akan baik kalau selalu dipaksa oleh pemerintah. Yang baik, yang bagus, yang sukses, kalau masyarakat sudah sadar bahwa mereka harus lakukan sendiri," ucap Budi dalam konferensi pers secara daring, Kamis (5/1/2023).

Budi berharap, masyarakat tetap menjalani metode pencegahan penyakit, terlepas dari apapun penyakit yang dihadapinya. Misalnya jika terserang Covid-19, masyarakat tahu dan sadar menjalani pemeriksaan PCR maupun antigen.

Adapun jika tidak ingin terkena Covid-19, masyarakat tahu harus menjaga protokol kesehatan. Bagi yang telanjur terinfeksi, bisa menjalani isolasi mandiri tanpa harus diperintah.

"Kalau sudah kena Covid-19, ya mesti isolasi. Sama seperti influenza ya kalau kita lagi hujan-hujan, keluar, pemerintah tidak pernah menyuruh pakai payung. Masyarakat sendiri sadar bahwa mereka perlu pakai payung," ucap Budi.

Baca Juga: Akui Tak Ada Perzinahan hingga Masih Bisa Ngerayu Norma Risma Sehari Setelah Dipergoki Warga dengan Ibu Mertua, Rozy Bocorkan Posisinya Saat Terjadi Penggerebekan