Find Us On Social Media :

Konon Sudah Ada di Peta Buatan Tahun 1845, Viral Penampakan Kota Ghaib Saranjana di Foto Seorang Doker, Dosen FKIP ULM Berikan Penjelasan Begini

Devi saat di puncak Bukit Mamake, Kotabaru, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Laporan Wartawan Gridhot.ID - Akhsan Erido Elezhar

Gridhot.ID - Baru-baru ini viral penampakan diduga kota gaib Saranjana muncul muncul di hasil foto seorang dokter bernama Devi, di puncak Bukit Mamake, Kotabaru, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Pengalaman Devi dan suaminya tersebut ini dibagikannya di media sosial TikTok hingga viral.

Dilansir Gridhot.ID dari artikel terbitan Kompas.com, 9 Januari 2022, dia bercerita saat itu, Devi sedang berfoto di Puncak Bukit Mamake dalam kondisi hujan gerimis.

Kemudian mereka memutuskan turun dari bukit, dalam perjalanan pulang di mobil, Devi melihat-lihat lagi hasil jepretan suaminya, betapa terkejutnya dia melihat foto dirinya berdiri dengan latar bukit yang tampah dari kejauhan seperti cahaya gedung-gedung tinggi bak kota modern.

"Loh, ini apa dibelakang kok ada kayak gedung-gedung," tanyanya ke sang suami.

Penampakan gedung modern ini pun dikaitkan dengan kepercayaan masyarakat setempat mengenai adanya kota gaib Saranjana.

Dari kabar yang beredar, ada orang tertentu yang pernah masuk ke kota itu, kota yang tersembunyi dengan jalan raya yang lebar, rumah megah dengan pagar yang tinggi.

Masyarakat setempat percaya mengenai kisah kota gaib Saranjana ini juga memiliki gedung percakar langit dan kendaraan-kendaraan mewah.

Tidak hanya itu, disebutkan bahwa kota ini dihuni oleh jin beragama Islam. Ada juga yang menduga penduduknya adalah manusia yang menggaib.

Baca Juga: Pertanda Bakal Dapat Jalan Keluar dari Permasalahan yang Dihadapi, Simak Arti Kedutan di Pelipis Mata Kiri Menurut Primbon Jawa

Dikutip Grihot.ID dari artikel terbitan TribunJateng, 9 Januari 2022, tanggapan ahli Mengenai asal muasal kata Ssaranjana, Dosen FKIP Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Jurusan Sejarah, Mansyur melakukan analisa dari perspektif historis ilmiah mengenai sejarah Saranjana.