Find Us On Social Media :

Dijelaskan Ustaz Abdul Somad Sesuai dengan Empat Mazhab, Simak Cara Mengqadha Shalat yang Sudah Ditinggalkan Selama Bertahun-tahun

Ilustrasi Shalat

GridHot.ID - Bila tertinggal atau terlewat waktunya, sholat lima waktu tetap harus dikerjakan dengan meng-qadha.

Qadha sholat merupakan menganti sholat lima waktu yang tertinggal atau tidak dilaksanakan, baik disengaja maupun tidak.

Mengganti shalat yang lupa dilaksanakan itulah yang dalam istilah fikihnya kemudian disebut dengan Qadha Shalat.

Penceramah Ustadz Abdul Somad menjelaskan cara mengqadha shalat yang pernah ditinggalkan atau tidak dikerjakan bertahun-tahun.

Melansir Serambinews.com, dalam istilah fikihnya mengganti shalat yang lupa dilaksanakan itulah yang kemudian disebut dengan qadha shalat.

Jadi, pada dasarnya shalat qadha itu sama saja seperti shalat lima waktu pada biasanya.

Namun perbedaanya saat niat shalat, lafaz ada’an saat shalat pada waktunya itu diganti dengan qodho’an.

Dilansir dari banjarmasinpost.co.id, penceramah Ustadz Abdul Somad menjelaskan cara mengqadha shalat yang pernah ditinggalkan atau tidak dikerjakan bertahun-tahun.

Ditegaskan Ustadz Abdul Somad, tak mengerjakan shalat fardhu semasa hidup maka wajib hukumnya bagi umat Islam untuk mengganti atau mengqadhanya.

Cara mengqadha shalat yang telah ditinggalkan, Ustadz Abdul Somad mengatakan mulanya harus dihitung terlebih dahulu kurun waktu tak mengerjakan shalat.

Kaum muslimin diperintahkan untuk menunaikan sejumlah ibadah yang hukumnya wajib, di antaranya shalat fardhu lima waktu.

Baca Juga: Malaikat Pun Ogah Menghampiri, Berikut Penjelasan Ustaz Abdul Somad Mengenai Hukum Orang Islam Memelihara Anjing