Find Us On Social Media :

2 Mahasiswa Diciduk Saat Mau Selundupkan Senjata Api ke KKB Papua, Kapolres Boven Digoel Beberkan Penangkapan Berawal dari Hal Terduga Ini

Empat pucuk senjata api serta amunisi hendak diselundupkan dua mahasiswa ke Pegunungan Bintang untuk diserahkan ke Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Kedua pelaku ditangkap di Boven Digoel, Rabu (18/1/2023).

GridHot.ID - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua sering kali adu tembak dengan aparat.

Namun demikian, banyak kalangan yang mempertanyakan asal muasal dari senjata api yang dipakai oleh KKB Papua.

Agaknya, pertanyaan tersebut sedikit terjawab dengan tertangkapnya 2 orang penyelundup senjata api ke KKB Papua.

Melansir pos-kupang.com, KKB Papua memiliki jaringan sampai ke mahasiswa. Salah satu peran mahasiswa simpatisan KKB Papua adalah memasok senjata.

Hal ini terungkap ketika aparat keamanan menangkap jaringan penyelundupan senjata api dari Papua Nugini menuju Kabupaten Boven Digoel, Papua Selatan.

Personel Polres Boven Digoel mengamankan dua warga berinisial AH dan MK di Pelabuan Iwot Kampung Sokanggo, Distrik Mandobo, Jumat 20 Januari 2023 siang.

AH dan MK yang berstatus sebagai mahasiswa diciduk saat hendak naik speedboat.

Rencananya, penyelundupan bakal dilakukan melalui jalur sungai ke Pegunungan Bintang, Provinsi Papua Pegunungan.

Polisi lalu melakukan pengintaian hingga menangkap kedua pelaku.

Sebelum ditangkap, dua pemuda itu menggunakan motor berboncengan menuju area pelabuhan.

Setelah dicegat dan diperiksa, polisi menemukan 4 pucuk senjata api laras panjang jenis Harrington dan Richardson (engkel loop) yang dibungkus tikar. Selain itu ada 18 butir amunisi.

Baca Juga: Bos KKB Papua Bela Habis-habisan Lukas Enembe yang Terjerat Kasus Korupsi, Istri Sang Gubernur Diduga Alirkan Dana ke OPM, Kuasa Hukum: Mungkin Mereka Satu Marga