Find Us On Social Media :

Kenali Beda Sesak Nafas Akibat Asam Lambung dengan Panic Attack, Begini Penjelasan Dokter

Ilustrasi sesak napas

Gridhot.ID - Ada kalanya ketika asam lambung naik, penderita GERD akan mengalami sesak napas.

Sesak napas karena asam lambung bisa terjadi ketika cairan asam dari perut naik ke kerongkongan atau justru masuk ke dalam paru-paru.

Kondisi ini memicu refleks saraf yang menyebabkan saluran udara menyempit untuk memaksa cairan asam keluar dari paru, hal ini membuat penderita asam lambung mengalami sesak napas.

Selain karena asam lambung, sesak napas bisa terjadi ketika seseorang mengalami serangan panik atau panic attack.

Ya, sesak napas adalah gejala umum dari serangan panik yang dapat menyebabkan perasaan takut dan rasa tidak nyaman.

Oleh sebab itu, penting untuk dapat membedakan sesak napas karena asam lambung atau panic attack?

Sesak karena asam lambung

Dokter spesialis Gastroenterologi, Prof Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM mengatakan bahwa sesak karena asam lambung bisa dikenali jika orang tersebut segera memeriksakan ke dokter atau layanan medis terdekat.

"Prinsipnya kalau sesak karena asam lambung atau paru-paru pastinya dokter yang memastikan dengan pemeriksaan fisik. Menggunakan stetoskop, dengan suara napas itu dokter bisa membedakan," ujar Ari saat dihubungi Kompas.com, Selasa (29/3/2022).

Ari menambahkan, jika seseorang mengalami sesak yang dikarenakan asam lambung, pada saat pemeriksaan, dokter tidak akan menemukan masalah pada paru-paru.

Namun apabila saat pemeriksaan ada permasalahan pada paru, seperti bunyi napas atau mengi, maka kemungkinan sesak napas diakibatkan pada masalah paru-paru.

Baca Juga: 4 Fakta Kunyah Permen Karet Bisa Meredakan Gejala Asam Lambung, Penderita GERD Diimbau Hindari Rasa Ini