Find Us On Social Media :

Pernah Disanksi Adat Jenderal KKB Papua, Ini Kejahatan Kalenak Murib yang Diduga Jadi Pelaku Pembunuhan Serka J di Pasar Sinak

Foto pentolan KKB Papua Plato Merani - Kalenak Murib diduga menjadi pelaku pembunuhan Serka J

Gridhot.ID - KKB Papua pimpinan Kalenak Murib diduga menjadi pelaku pembunuhan prajurit TNI, Serka J di Pasar Sinak, Kabupaten Puncak.

Serka J gugur setelah diserang dan ditikam oleh orang tidak dikenal atau OTK di Pasar Sinak, Distrik Sinak, Kabupaten Puncak, Papua Tengah, Selasa (24/1/2023).

Melansir Kompas.com, Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryawan menjelaskan, penikaman terjadi pada pukul 17.00 WIT.

"Benar kejadian tersebut, Serka J Bintara Koramil 1714-05/Sinak korban penikaman dan pembacokan meninggal dunia," ujar Herman melalui keterangan tertulis, Selasa.

Polda Papua belum bisa memastikan pelaku pembunuhan Serka J, namun polisi menduga pelaku adalah KKB Papua pimpinan Kalenak Murib.

Hal ini berdasarkan pada kasus penikaman yang menewaskan seorang pegawai Bank Papua, Demian Yumame pada 13 Desember 2022.

"Kemungkinan besar ya kelompoknya dia (Kalenak Murib)," ujar Direskrimum Polda Papua Kombes Faizal Ramadhani saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (25/1/2023).

Faizal belum berani mengambil kesimpulan tentang siapa pelaku penikaman itu karena dari informasi di lapangan, ada beberapa KKB yang sedang berada di wilayah Puncak.

"Di daerah itu lagi ramai walau kalau dihitung-hitung, kelompok yang tidak bisa dipegang kelompoknya Kalenak," kata dia.

Namun, Faizal menegaskan bahwa pelaku penikaman Serka J adalah kelompok yang berbeda dengan pelaku pembunuhan terhadap tukang ojek di Distrik Gome pada Senin (23/1/2023) lalu.

"Itu pasti beda, jauh sekali jaraknya," jelasnya.

Baca Juga: Jika Terbukti Danai KKB Papua, Lukas Enembe Bisa Terjerat Pasal Ini, Pengamat: Seumur Hidup