Find Us On Social Media :

Diculik Egianus Kogoya, Pilot Pesawat Susi Air Disebut Sedang Dibawa Keluar, Petinggi KKB Papua Bongkar Kondisi Sang Sandera

Lokasi pesawat Susi Air terbakar diduga tempat KKB Papua Egianus Kogoya berkuasa

Gridhot.ID - Kabar pembakaran pesawat Susi Air yang dilakukan KKB Papua kini menjadi sorotan internasional.

Dikutip Gridhot dari Kompas TV, Kantor berita dunia seperti Associated Press, Reuters, serta media Al Jazeera memberitakan peristiwa pembakaran pesawat Susi Air, yang kemudian dikutip berbagai media dunia.

Dilaporkan KKB Papua juga menculik pilot pesawat Susi Air tersebut sebagai sandera mereka.

Juru Bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TNPB-OPM) Sebby Sambom membenarkan bahwa kelompok Egianus Kogoya telah membakar Pesawat Susi Air di Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan, Selasa (7/2/2023).

"Sesuai laporan Egianus Kogoya, mereka telah melakukan aksi pembakaran pesawat Susi Air dengan nomor registrasi PK-BvY di lapangan terbang distrik Paro," kata Sebby dalam pesannya seperti dikutip dari TribunPapua.com.

Dikutip Gridhot dari Tribun Papua, menurut Sebby, pesawat tersebut dibakar pada pukul 06.26 WIT.

"Setelah pesawat tiba dari Mimika, Pasukan TPNPB langsung membakarnya," ujarnya.

Sementara untuk pilot dari pesawat tersebut, menurut Sebby sedang ditahan.

"Pilotnya kami tahan dan dia menjadi sandera kami, dan penyanderaan ini merupakan kedua kalinya yang kami lakukan," lanjutnya.

Dalam pesannya, terdapat juga beberapa pernyataan sikap yang dikeluarkan oleh Dengan TPNPB Kodap III Ndugama-Derakma, yakni:

1. Semua penerbangan jalur masuk ke Kabupaten Nduga mulai sekarang Stop.

Baca Juga: Komandan KKB Papua Egianus Kogoya Tak Bakal Lepaskan Sandera Pilot Susi Air, Koar-koar Minta Pemerintah Penuhi Segala Permintaan Ini