Find Us On Social Media :

Hoaks Foto Bule Pegang Bendera Bintang Kejora Dinarasikan KKB Papua Pilot Susi Air yang Hilang, TNI: Itu Provokasi!

Beredar foto WNA mengibarkan bendera Bintang Kejora dinarasikan KKB Papua sebagai pilot Susi Air

Gridhot.ID - KKB Papua kembali menyebar hoaks di media sosial setelah klaim sandera pilot Susi Air, Philips Marthen dari Selandia Baru.

KKB Papua mengunggah foto seorang Warga Negara Asing (WNA) memegang tiang bendera Bintang Kejora di tengah-tengah sekelompok pria yang memegang senjata api laras panjang.

Melansir Tribun-Papua.com, KKB Papua menuliskan narasi WNA itu sebagai pilot Susi Air yaitu Philips Marthen.

Namun setelah ditelisik, ternyata seorang WNA yang ditampilkan itu merupakan berita 1 tahun lalu yakni Kamis (24/2/2022).

Hal itu patut disayangkan karena pilot Susi Air kini masih dalam proses pencarian aparat keamanan usai pesawat yang diawakinya dibakar KKB pimpinan Egianus Kogoya di Nduga, Papua Pegunungan pada Selasa (7/2/2023) lalu.

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa mengatakan, sampai saat ini pilot Susi Air masih diduga bersama KKB.

"Pilot Susi Air masih diduga bersama kelompok KST dan terus dilakukan pencarian sesuai kondisi lapangan," kata Mayjen TNI Muhamad Saleh melalui rilis pers, Sabtu (11/2/2023).

"Jadi foto itu hoaks. Pilot bukan bergabung dengan mereka, itu hoaks," tegasnya.

Sebelumnya juga, berita hoaks dan provokasi kerap disebar oleh KKB seperti diungkapkan Danrem 172/PWY Brigjen TNI JO Sembiring.

"Bahwa KST menyebar berita ke masyarakat Paro Kab. Nduga bahwa TNI melancarkan operasi militer dan mengancam masyarakat."

"Semua itu tidak benar, itu adalah upaya provokasi gerombolan KST dan simpatisannya," jelas Danrem 172/PWY.

Baca Juga: Sosok Philips Marthen, Pilot Susi Air yang Diduga Disandera KKB Papua Ternyata Bukan Warga Indonesia, Kapolri: Serahkan Kepada Kita