Find Us On Social Media :

KKB Papua Kelompoknya Serang dan Culik Pilot Susi Air, Egianus Kogoya Miliki 65 Aksi Kejahatan yang Akhirnya Terbongkar, Apa Saja? Polisi Bocorkan Daftarnya

Kolase Foto daftar kejahatan KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya

GridHot.ID - Kelompok Kriminal Bersenjata alias KKB Papua memang seolah tak pernah berhenti menebar teror di Bumi Cenderawasih.

Sebelumnya, KKB Papua diketahui membakar pesawat Susi Air dan mengaku menyandera pilot maskapai tersebut.

Berikut ini merupakan catatan aksi kejahatan KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya yang dilakukan di sekitar Kabupaten Nduga.

Melansir tribun-papua.com, saat ini, Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya menjadi kelompok yang paling eksis di antara pendahulunya.

Egianus diketahui sebelumnya berafiliasi dengan Oragnisasi Papua Merdeka (OPM) pimpinan Goliath Tabuni di Kabupaten Puncak Jaya.

Kelompok Egianus Kogoya disebut sebagai kelompok KKB yang paling agresif menebar teror kepada aparat dan masyarakat di Nduga.

Dilansir dari laman Kompas.com, Kepala Operasi Damai Cartenz Kombes Faizal Ramadhani menyebut bahwa catatan kejahatan Egianus Kogoya dan kelompoknya dimulai pada Desember 2017.

"Saat itu mereka menyerang pekerja jembatan di Distrik Yigi, ada 1 pekerja tewas dan 1 anggota TNI terluka," kata Faizal di Mimika, Sabtu (11/2/2023).

Mengenai persenjataan, KKB pimpinan Egianus Kogoya diperkirakan memiliki cukup banyak senjata api hasil rampasan untuk melancarkan aksi-aksinya.

"Total ada 65 aksi kejahatan sejak Desember 2017 hingga awal 2023. Korbannya pun cukup banyak, total 46 orang tewas karena ulah mereka, 34 warga sipil dan 12 aparat keamanan," kata Faizal.

Sosok Egianus Kogoya dan kelompok KKB Papua yang dipimpinnya hingga kini jadi buronan aparat keamanan, baik polisi maupun TNI.

Baca Juga: Penuh Ketenangan, KSAD Jenderal Dudung Abdurachman Kirim Pasukan Rahasia untuk Cari Pilot Susi Air yang Disebut Diculik KKB Papua Egianus Kogoya