Find Us On Social Media :

'Singa Tua' KKB Papua Berulah, Titus Murib Kwalik Jadi Dalang Pembakaran Rumah, Ini Sosoknya yang Pernah Muncul Serukan Perang

KKB Papua pimpinan Titus Murib Kwalik (kiri) diduga jadi pelaku pembakaran rumah warga di Distrik Gome, Sabtu (18/2/2023).

Gridhot.IDKKB Papua kembali melakukan aksi teror dengan membakar sebuah rumah di samping Tower Telkom di Kampung Kago, Distrik Gome pada Sabtu (18/2/2023).

Melansir dari Kompas.com, pelaku pembakaran rumah warga di Distrik Gome diduga kuat oleh KKB Papua pimpinan Titus Murib Kwalik.

Aparat gabungan TNI dan Polri juga sempat terlibat baku tembak saat melakukan pengejaran kelompok KKB Papua pimpinan Titus Murib Kwalik.

Baku tembak antara TNI-Polri dengan KKB Papua terjadi di Kampung Nipuralome, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak.

"Kejadian tersebut dilakukan oleh KKB Kepala Air pimpinan Titus Murib Kwalik," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignasius Benny Ady Prabowo, melalui keterangan tertulis, Sabtu malam.

Kronologi

Benny menjelaskan, peristiwa itu berawal saat aparat keamanan mendengar suara tembakan dan disusul dengan kepulan asap di Distrik Gome.

Aparat lalu merespons dengan mengirimkan sejumlah personel ke lokasi asap tersebut.

"Sekitar pukul 12.50 WIT terdengar letusan senjata api sebanyak 1 kali dan terlihat asap tebal dari arah tower Telkomsel Ilaga dan tim gabungan melakukan respon ke sumber asap berasal," kata Benny.

Sesampainya di lokasi, aparat keamanan melihat sebuah rumah telah terbakar.

Kondisi rumah diketahui kosong dan telah ditinggal pemiliknya.

Baca Juga: Ditenteng Egianus Kogoya saat Sandera Pilot Susi Air, Senjata KKB Papua Ini Dilengkapi Pelontar Granat, Pengamat: Diduga Buatan Pindad